Fase Bulan Penuh Pengaruhi Gelombang Tinggi Selatan Jabar, Masyarakat Diimbau Waspada

PENUH: Selama kurun waktu dua malam, kondisi bulan terlihat penuh, hal tersebut berpengaruh pada kondisi gelombang di lautan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Selama dua malam belakangan, kondisi malam di beberapa daerah seperti halnya di Kabupaten Cianjur terlihat terang. Pasalnya, saat ini bulan dalam kondisi sempurna atau full moon. Setiap malam, bulan terlihat terang dengan warna kuning kemerahan.

Namun kondisi tersebut ternyata mempengaruhi terhadap ketinggian gelombang pasang surut di lautan. Hal tersebut dikarenakan lautan yang terpengaruh oleh gaya gravitasi bulan yang jaraknya dekat dengan bumi.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Teguh Rahayu mengungkapkan, dari data yang dimiliki BMKG, pada tanggal 26 hingga 28 Juli 2021, ketinggian gelombang di perairan Selatan Jabar diperkirakan bisa mencapai ketinggian enam meter.

“Kenaikan gelombang tersebut dikarenakan adanya daya gravitasi bulan, di perairan laut Selatan Jabar ketinggian bisa mencapai enam meter. Sementara di laut Utara Jabar ketinggian gelombang berkisar antara 0 hingga 1,3 meter,” ujarnya.

Lanjutnya, tidak ada dampak dari fase bulan terhadap cuaca. Akan tetapi, bisa saja terjadi adanya kombinasi antara cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan laut.

Pihaknya pun memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya yang berada di perairan Selatan Jabar agar lebih berhati-hati dan waspada dengan segala kemungkinan.

“Masyarakat diimbau menjauhi wilayah perairan Selatan Jabar, paling tidak hingga tanggal 28 Juli 2021. Namun apabila ada kepentingan mendesak, selalu waspada, ikuti rambu-rambu keselamatan yang berlaku dan selalu pantau informasi terkini dari pihak-pihak yang berwenang,” tutupnya. (kim)