Putus Rantai Penyebaran Covid-19, WBP Lapas Bakal Divaksin

DIDATA: Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Cianjur akan tengah melakukan validasi data agar bisa menerima vaksinasi. (Foto Hakim Radar Cianjur)

CIANJUR-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP). Sebelum pelaksanaan, WBP menjalani pendataan kependudukan untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi yang belum terekam yang diperlukan untuk data vaksinasi.

Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Yudi Nugraha mengatakan, pendataan tersebut agar memudahkan WBP mendapatkan vaksinasi. Pasalnya, penerima vaksin harus memiliki data kependudukan.

“Dalam masa PPKM ini, sebetulnya kami sangat membatasi pelaksanaan di lapangan. Namun karena ini berkaitan dengan hak warga binaan serta akses yang memudahkan mendapatkan vaksin, kami maksimalkan dalam pelaksanaannya,” ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Pihaknya berharap, tidak ada kendala dalam pendataan dan perekaman. “Apabila terdapat kendala, kami siap melanjutkan di hari berikutnya,” sambungnya.

Kasubsi Registrasi, Nardin Wiripih menjelaskan, selain warga Kabupaten Cianjur, validasi turut dilakukan kepada WBP luar Kabupaten Cianjur. Sehingga memudahkan untuk validasi nantinya.

Pendataan dan perekaman data kependudukan WBP itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini seluruh warga binaan mendapatkan data kependudukan yang valid, baik itu warga binaan yang berdomisili di Cianjur, maupun di luar Cianjur,” harapnya.

Sementara itu, Kalapas Cianjur, Heri Aris Susila diwakili Plh Kepala Lapas Cianjur, Asep Dedi Idrus menjelaskan, koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Cianjur ini merupakan tindak lanjut Lapas Cianjur dalam koordinasi vaksinasi Covid-19 bagi WBP Lapas Cianjur.

“Setelah pendataan dan perekaman NIK yang jelas, maka vaksin dapat segera dilakukan. Insyaallah, apabila seluruh data dan kesiapan dari Dinkes Cianjur dan Kodim 0608/Cianjur siap, kami akan melaksanakan vaksinasi kepada warga binaan Kamis, 29 Juli 2021,” terangnya.

Vaksin yang akan disuntikan rencananya kurang lebih 800 dosis yang disediakan untuk tahap pertama pelaksanaannya.

Reporter: Dede Ginanjar/Radar Cianjur/FJPP