Lawan Covid-19, Ratusan WBP Lapas Cianjur Jalani Vaksinasi

DICEK KESEHATAN: Sebelum vaksinasi, warga binaan pemasyarakatan (WBP) menjalani pemeriksaan terlebih dahulu. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Semakin hari angka penularan Covid 19 semakin meningkat, klaster-klaster penularan baru terus bermunculan setiap harinya diberbagai tempat. Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat beresiko tinggi penularan Covid-19 dan bukan tidak mungkin Lapas menjadi penyumbang baru klaster penularan Covid-19 ini.

Melihat Kondisi tersebut Lapas Cianjur bekerjasama dengan Kodim 0608/ Cianjur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dalam pelaksanaan vaksinasi Covid 19 untuk seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP), Kamis (29/7).

Sebanyak 768 WBP melaksanakan Vaksinasi tahap pertama di lapangan serbaguna Lapas Cianjur. Dengan jumlah penerima vaksin sebanyak itu, penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap dilakukan, salah satu kiatnya ialah pemanggilan WBP yang dilakukan secara bergilir. Sistem pemanggilan yang diterapkan yakni berdasarkan kamar hunian, hal ini dilakukan agar tidak terjadinya kerumunan di tempat pelaksanaan vaksinasi serta untuk agar dapat menjaga jarak aman sesuai protokol kesehatan.

Kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya nyata Lapas Cianjur dalam memerangi pandemi Covid-19 serta kepedulian Lapas Cianjur dalam memperhatikan kesehatan WBP. Karena kesehatan warga binaan merupakan hak WBP dan kewajiban petugas Lapas Cianjur untuk berupaya menjaga kesehatan tersebut.

“Kami sedang dalam upaya pencegahan, khususnya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, agar mereka (WBP, red) dapat terhindar dari virus Covid-19 terutama ketika berada di Lapas Kelas II B Cianjur,” Kasi Binadik Lapas Cianjur, Yulius Jam Syahruzah

Sementara itu, Kalapas Cianjur, Heri Aris Susila melalui Plh Kepala Lapas Cianjur, Asep Dedi Idrus menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksin dapat berjalan berkat adanya sinegritas dan komunikasi yang baik antar instansi pendukung.

“Pelaksanaan vaksin dapat berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama antara kami Lapas, Kodim, Dinkes dan Disdukcapil yang intens. Tentunya, pihak-pihak tersebut yang sangat membantu dalam pelaksanaan Vaksinasi ini dan semoga Tuhan membalas kebaikan kepada kita semua,” ungkapnya.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada instansi yang telah terlibat, karena kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan tertib. Semoga terselenggaranya kegiatan ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khusunya di wilayah Kabupaten Cianjur,” sambungnya.

Warga binaan yang lolos untuk pelaksanaan vaksinasi berjumlah 601 WBP dan 167 WBP tidak lolos pada saat screening kesehatan yang dilakukan oleh tim vaksinasi Puskesmas Cianjur, Dinkes Kabupaten Cianjur dan Kodim 0608 Cianjur.

Pelaksanaan Vaksinasi WBP tahap ke-II rencananya akan dilaksanakan Satu Bulan setelah pelaksanaan Vaksin pertama, yaitu pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021. Pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan aman dan tertib, dengan pengawasan dan pengamanan oleh petugas pengamanan dan Staff Lapas Kelas II B Cianjur. (kim)