Cianjur Selatan Belum Punya Tempat Pembuangan Sampah

Penumpukan Sampah TPAS Pasir Sembung yang berada di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku. Foto : Dokumentasi DLH Kabupaten Cianjur

RADARCIANJUR.com- Tujuh belas Kecamatan di wilayah Cianjur Selatan saat ini belum mempunyai tempat pembuangan sampah akhir sementara (TPAS).

Seperti diketahui saat ini Kabupaten Cianjur hanya memiliki TPAS Pasir sembung yang terletak di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku.

Hal tersebut dibenarkan Plt Kabid Pengelolaan Sampah Dan Lingkungan (PSL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur Neneng Restiantie S.H. MH.

Neneng menyampaikan, harusnya dari 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur untuk tempat pembuangan sampah akhir itu ada di satu titik TPAS seperti pasir sembung.

“Karena letak geografis dan jaraknya hanya dapat di akses oleh 15 kecamatan saja di wilayah Cianjur Utara, itu saja tidak semua kelayani hanya jalan protokol saja,”katanya.

Untuk mensiasati hal tersebut pihaknya mempunyai cara tersendiri agar masyarakat di wilayah kecamatan Cianjur Selatan tidak bingung untuk pembuangan sampah.

“Kalau untuk wilayah Cianjur selatan 17 kecamatannya belum ada tempat penampungan sampah akhir sehingga kita berdayakan perangkat desa dengan membuat Tempat pengolahan sampah reuse reycle TP3R,”terangnya.

Selain itu wilayah Cianjur selatan juga banyak pelaku usaha swasta pengolahan sampah berbasis kreatif.

“Dikelola secara manual oleh bank sampah pihak swasta agar beberapa jenis sampah dapat diolah menjadi nilai ekonomis,”pungkasnya (byu)