Pembuat Kartu AK-1 di Disnakertrans Cianjur Sudah Tidak Melayani Offline

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur

RADARCIANJUR.com- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang tidak hanya berimbas kepada pelaku usaha dan juga aktifitas masyarakat. Namun, selama PPKM di Kabupaten Cianjur pembuatan kartu AK-1 di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur turut dibatasi.

Akan terapi, pembuatan kartu saat ini tidak melayani secara offline atau langsung. Melainkan harus secara online. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur Ricky Ardi Hikmat. Bahkan untuk pengambilan kartu dilakukan setelah PPKM selesai.

“Untuk pendaftaran offline tidak ada karena lagi PPKM karena kami termasuk non essensial jadi WFH 100 persen, cuma ada yang piket,” ujarnya

Ricky menjelaskan, masyarakat yang sulit mendaftar karena kuota penuh, harus mencoba besok harinya.

“Kalau kita memantau di server kadang jam setengah 9 pagi pun sudah penuh,” ungkapnya.

Ia pun menyarankan kepada masyarakat yang ingin membuat Kartu AK-1 untuk mendaftar di pagi hari. Pendaftaran dibuka mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

“Semoga saja PPKM bisa selesai. Kalau sudah selesai pendaftaran offline jalan lagi,” jelasnya.

Rifky (20) salah seorang pembuat Kartu AK-1 asal Desa Nagrak Cianjur mengatakan, sering kali ketika akan mendaftar muncul notifikasi bahwa kuota penuh.

“Jadi, susah gitu, pas masuk itu kuotanya penuh terus,” ungkapnya.

Alhasil ia harus berjibaku dengan waktu dan bersaing dengan pendaftar lainnya. Meskipun demikian, server terkadang menjadi lambat untuk diakses karena penuh.

“Walau pagi-pagi, tapi kan yang akses banyak jadi lambat ke internetnya,” tutupnya. (kim)