Evakuasi Kendaraan yang Terlibat Laka di Ciloto, Truk Derek Malah Masuk Parit

Truk derek yang sedang mengevakuasi kendaraan naas di Ciloto, malah menjadi nasib serupa karena masuk parit. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Evakuasi bangkai kendaraan yang dilakukan oleh truk derek Cipanas di Jalur Puncak Ciloto Cianjur, justru mengakibatkan truk tersebut terlepas dari rantai pengikatnya, sehingga truk derek pun mengalami nasib naas karena masuk parit.

“Jadi pada saat evakuasi kendaraan yang terguling itu, rantai yang mengikat ke truk derek Cipanas lepas. Hingga akhirnya hilang kendali dan braaak! masuk parit,” ujar Kepala Desa Ciloto, Marwan saat ditemui, di lokasi kecelakaan, Senin (2/8/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, beruntung tak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden naas truk derek tersebut. Karena sang sopir bisa segera dievakuasi warga saat ramai di lokasi.

“Alhamdulillah sopir derek gak kenapa-kenapa. Namun truk derek jadi diderek oleh truk derek lain,” kata dia sambil tersenyum karena sedikit lucu.

Meski begitu, ia mengaku bahwa musibah itu bisa terjadi kepada siapapun dan dimana pun. Karena contohnya saja seperti yang dialami truk derek Cipanas kali ini.

“Biasanya truk derek itu membantu mengevakuasi kendaraan yang terguling di sini, eh malah dianya juga masuk parit karena rantai pengikat terlepas. Nah, di sini kita ambil pelajaran, yang namanya musibah itu bisa terjadi kapan saja. Makanya harus lebih berhati-hati lagi,” tukasnya.

Sebelumnya, telah terjadi kecelakaan yang dialami truk pengangkut keramik di Jalan Raya Puncak, tepatnya di Kampung Ciloto, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Senin (2/8/2021) sekitar pukul 08.00 Wib.

Kecelakaan tersebut diduga disebabkan karena beban truk yang cukup besar ditambah rem blong pada saat jalanan menurun yang akhirnya mengakibatkan satu mobil dan motor terserempet, serta seorang warga tewas di tempat karena tergilas truk naas itu.

Kepala Desa Ciloto, Marwan saat ditemui radarcianjur.com di lokasi kejadian menuturkan, awal mula truk bak terbuka itu mengalami kecelakaan maut terjadi sekitar pukul 08.00 Wib. Kala itu truk bernomor polisi B 9637 NDA melaju dari arah Bogor menuju Cipanas.

Namun, lanjutnya, saat di Kampung Ciloto, diduga kendaraan tak kuat menahan beban hingga rem truk kemungkinan blong, yang kemudian sempat menabrak beberapa kendaraan di depannya dan seorang warga. Hingga akhirnya terguling di kiri jalan menuju Cianjur kota. (dan)