Anggaran Sewa Helikopter untuk Wagub Jabar Rp600 Juta, Ini Kata Banggar DPRD

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum (Dokumentasi Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan rencana pengadaan sewa helikopter untuk Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum.

Informasi tersebut tertuang dalam tautan https://sirup.lkpp.go.id/sirup/ro/penyedia/kldi/D95 di website Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SIRUP LKPP),

Diketahui nilai pagu pengadaan langsung penyewaan helikopter untuk mobilitas Wakil Gubernur Jawa Barat senilai Rp75 juta. Ada total 8 paket perencanaanya yang dimulai pada Februari 2021 hingga September 2021. Jika diakumulasikan, total pagu anggarannya sebesar Rp600 juta.

Rencana pengadaan itu dilakukan Pemprov Jabar di bawah satuan kerja Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat. Upaya untuk meminta konfirmasi mengenai pengadaan sewa helikopter kepada Uu Ruzhanul Ulum masih belum berhasil meski pesan singkat sudah terkirim.

Politisi PDI Perjuangan yang juga Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdy Yuhana mengaku kecolongan dengan pengadaan helikopter tersebut.

“Saya kejar biro, belum ada jawab. Saya mau tanya, apakah (sewa) heli itu dalam suasana sekarang menjadi kebutuhan dalam kunjungan ke daerah-daerah,” ucap dia, Senin (2/8/2021).

“Jabar itu kan medannya tidak terlalu berat, dalam arti infrastruktur (jalan) relatif bisa dijangkau lewat darat. Kecuali ada tugas dari pemerintah pusat yang memerlukan waktu cepat, tapi itu juga kan jarang,” lanjutnya.

Meski demikian, ia meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya Uu Ruzhanul Ulum bisa langsung menjelaskannya dengan jelas mengenai rencana pengadaan sewa helikopter tersebut.

“Apakah yang tertera itu sudah digunakan atau belum. Jangan-jangan itu hanya rencana kerja pemerintah daerah, dalam hal ini pak Wagub. Ini perlu klarifikasi ke beberapa OPD terkait dengan pengadaan sewa heli,” pungkasnya.

Sementara itu, Pjs Kabiro Administrasi Pimpinan Setda Jawa Barat, Hermansyah buka suara terkait anggaran Rp600 juta untuk menyewa helikopter Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Ia mengatakan, anggaran yang digunakan akan dialihkan untuk penanganan kesehatan di masa pandemi.

Hermansyah menyebut, sejauh ini wakil gubernur baru satu kali menggunakan jasa layanan helikopter di tahun 2021 ini. Penggunaan helikopter itu dilakukan saat meninjau lokasi banjir di Bogor, kala itu dalam kondisi mendesak karena akses kendaraan menuju lokasi bencana tertutup.

“Jadi memang dipakai untuk kebutuhan mendesak, saat itu ke Bogor akses roda empat tertutup, karena aksesnya tertutup jadi ya memang lewat udara,” Hermansyah saat dihubungi, Senin (2/8/2021).

Sebagaimana dilihat dari laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SiRUP LKPP) pada Senin (2/8/2021) pukul 12.00 WIB, ada 10 paket yang muncul bila dimasukkan kata ‘sewa helikopter’ dalam kotak pencarian.

Delapan dari 10 paket yang muncul di antaranya adalah paket Sewa Helikopter Mobilitas Wakil Gubernur mulai dari Paket 1 hingga 8 dengan metode pengadaan langsung, yang dimulai dari bulan Februari hingga September.

Dalam tabel tersebut, tertera rencana pengadaan itu dilakukan Pemprov Jabar di bawah satuan kerja Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat, dengan lokasi rencana pengadaan paket di Kota Bandung, Jawa Barat. Situs tersebut bisa diakses oleh publik dengan mengakses laman https://sirup.lkpp.go.id/.

(muh/rbdg)