Sukseskan Target Pendaftaran Tanah, BPN Cianjur Libatkan Mahasiswa Unsur

Acara pengambilan sumpah para mahasiswa Unsur di Aula Fakultas Hukum Unsur Cianjur. Foto : Bayu Nurmuslim/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Cianjur libatkan Mahasiswa Universitas Suryakancana Fakultas Hukum sebanyak 20 orang untuk menjadi pengumpul data yuridis (Puldadis) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPN Kabupaten Cianjur disela-sela Pengambilan sumpah dan pelantikan di aula Fakultas Hukum Universitas Suryakancana, Rabu 04/08/2021.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Cianjur Anthony Tarigan mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan civitas akademik seperti universitas untuk memaksimalkan target program PTSL 2021 sebanyak 70.000

“Langkah awal sinergi kerjasama Universitas Suryakancana Fakultas Hukum dan BPN Cianjur pada implementasi nya kegiatan PTSL untuk masyarakat,”katanya.

Anthony menambahkan, hal tersebut berdasarkan target bidang tanah seluruh indonesia.

“Untuk pendaftaran tanah sistematis lengkap nanti selama 4 tahun masa pakainya, tahun 2021 sampai 2025,”ungkapnya.

Saat ini target BPN program PTSL akan diadakan di 41 Desa di Kabupaten Cianjur.

“Dari jumlah desa tersebut di 6 sampai 8 kecamatan yang tersebar di Utara dan Selatan. Namun selatannya hanya sampai Campaka, karena kecamatan yang masuk Cianjur selatan kita telah siapkan program yang berbeda,”bebernya.

Terpisah, Dekan Fakultas Hukum Unsur Dr. Hj. Henny Nuraeny, SH. MH mengapresiasi langkah BPN Cianjur dengan melibatkan para mahasiswa terpilih Universitas Suryakancana Fakultas Hukum.

“Tentunya kami berterima kasih Kepada BPN karena 20 orang mahasiswa secara akademis tidak sedang melakukan kegiatan pembelajaran diikut sertakan program ini, beberapa mahasiswa
sedang menyusun tugas akhir yaitu skripsi,”ungkapnya.

Henny berharap, para mahasiswa terpilih dapat berperan dalam membantu mensukseskan program Pemerintah melalui BPN Cianjur.

“Semoga dapat all out membantu BPN,”singkatnya

Disinggung mengenai teknis kerja dilapangan yang dilakukan para mahasiswa Unsur, Henny menjelaskan sebagai pengumpul data masyarakat.

” Kalau tugasnya mengumpulkan data Yudis. Nanti mendatangi masyarakat dan mengumpulkan data yang akan disertifikatkan. Untuk teknis lebih jauhnya lagi belum ada informasinya. Nanti ada Diklat yang diselenggarakan BPN,”Pungkasnya. (byu)