Ambulan Harus Jadi Prioritas di Jalan Raya, Dihalangi Sanksi Menanti

RADARCIANJUR.com- Ambulan menjadi salah satu kendaraan yang diprioritaskan untuk mendapatkan keleluasaan saat di jalan raya, terlebih saat kondisi darurat atau tengah membawa pasien. Tak sedikit ramai di media sosial ambulan kurang mendapatkan prioritas saat melintas.

Dalam Pasal 134 UU LLAJ menyebutkan, ada tujuh kendaraan yang mendapat prioritas di jalan raya untuk didahulukan salah satunya ambulan yang harus mendapatkan perlakuan ‘spesial’.

“Ambulans jadi prioritas nomor dua. Dalam aturan tertulis, ambulans yang mengangkut orang sakit, kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas,” ujar Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom.

Bagi pengendara di Kabupaten Cianjur, dirinya mengimbau kepada agar memprioritaskan ambulans. Selain itu, ada sanksi bagi yang melanggar aturan tersebut.

“Bagipengendara yang sengaja menghalang-halangi laju kendaraan dengan sirine yang hendak melintas bisa diancam dengan kurungan penjara satu bulan atau denda sebesar Rp250.000,” tegasnya.

Pihaknya pun sebelumnya sudah melakukan imbauan kepada para sopir ambulan agar bisa berhati-hati ketika mengantarkan pasien. Hal ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami sudah mengimbau kepada para sopir beberapa waktu lalu, dan kami pun terus mengingatkan kepada para pengguna jalan lain agar bisa memprioritaskan ambulans,” tutupnya. (kim)