Butuh Bantuan, Warga Sawahgede Hilang Kesadaran Hingga Tersiram Air Panas Saat Memasak

Terbaring lemas tak berdaya Iis warga Kampung Hegarmukti, Kelurahan Sawah gede, Kecamatan Cianjur penderita penyakit Ayan dengan luka di sekujur tubuhnya. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Nasib miris dialami ibu 4 anak Iis (50) penderita penyakit Ayan warga Kampung Hegarmukti, Kelurahan Sawah gede, Kecamatan Cianjur mengalami kecelakaan usai tersiram air panas hingga menyebabkan luka bakar yang cukup parah disekujur tubuhnya.

Beberapa bagian tubuhnya seperti perut, tangan, kaki dan pinggulnya terlihat melepuh.

Saat ini Iis hanya terbaring lemas tak berdaya di rumah kontrakan yang di tempati bersama suami dan kedua anaknya.

Tak adanya biaya dan beberapa kendala menyebabkan penanganan untuk proses kesembuhan hanya dapat dilakukan dirumah saja.

Sang suami Nanang Supriatna (56) menuturkan, awalnya sang istri tengah memasak air untuk kebutuhan minum serta memasak seketika tiba-tiba penyakit yang diderita kambuh.

“Kejadiannya kemarin (Rabu: 04/08/2021: red) jadi pas masak air kesadarannya hilang, kan punya penyakit bawaan gituh. Gak sengaja megang tempat masak air jadi ke siram ke seluruh tubuh,”katanya.

Selain itu Nanang menjelaskan, istrinya tersebut sering mengalami kehilangan kesadaran. Namun kejadian kali ini paling parah.

“Istri saya itu sudah beberapa kali alami hilang kesadaran, seperti lagi tidur, sedang beres-beres, masak dan aktivitas lainnya,”ungkapnya.

Nanang berujar, karena keterbatasan biaya, sang istri tidak rutin untuk memeriksakan kondisinya karena ia hanya seorang kuli serabutan.

“Jangankan kontrol ke dokter, untuk makan aja kita pas-pas an. Penghasilan saya juga gak menentu, kadang-kadang ada yang minta serviskan alat-alat elektronik atau kerja apa saja,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua RT setempat Edi telah mengupayakan pengobatan untuk kesembuhan Iis.

“Memang Iis itu warga saya, dan benar kejadianya. Sudah ada bantuan dari puskesmas dan pemerintah Kelurahan Sawah Gede. Tadi juga ada dari Dinas Pertanian ngasih beras juga,”tuturnya.

Edi menuturkan, pihaknya tengah berupaya untuk membawa Iis ke rumah sakit agar ditangani lebih baik.

“Tapi suaminya kan minta di rumah saja perawatannya dengan alasan susah dibawa dan cukup hanya di rawat di sini saja,”ungkapnya.

Terpisah, Plt Lurah Sawah Gede Dewi Sartika telah memerintahkan RT setempat untuk terus memantau perkembangan kesehatan Iis.

“Pihak Kelurahan sudah berkoordinasi dengan Puskesmas dan RT setempat untuk menangani Iis untuk mengupayakan kesembuhannya,”. (byu)