Jelang HUT RI, Istana Cipanas Mulai Bernuansa Merah Putih

Kawasan istana presiden Cipanas telah ditata dengan bendera merah bendera sejak 1 Agustus. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, kawasan Istana presiden yang berada di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur mulai ditata dan dihiasi bendera merah putih sejak 1 Agustus kemarin.

“Tak terasa kita sudah memasuki bulan Agustus. Bulan kemerdekaan negara kita. Walaupun dalam kondisi pandemi, tak menghalangi semangat para pegawai Istana Kepresidenan Cipanas bergotong-royong memasang bendera dan umbul-umbul untuk memeriahkan bulan kemerdekaan,” tulis akun resmi Instagram istanacipanas yang dikutip radarcianjur.com, Rabu (4/8/2021).

Tak hanya di di kawasan istana presiden, pemasangan bendera berbagai ukuran serta umbul-umbul pun tampak dihias beragam kreativitas oleh masyarakat di masing-masing wilayah.

Idham (54) salah seorang warga Pacet, Cianjur mengaku, pemasangan bendera dan umbul-umbul telah rutin ia lakukan di depan halaman rumah dan beberapa di kawasan sekitar lingkungannya.

“Tiap awal Agustus memang jadi kebiasaan saya memasang umbul-umbul dan bendera merah putih. Itung-itung kita peringati bagaimana perjuangan tempo dulu demi negeri ini,” kata dia.

Tak hanya itu, pemasangan umbul-umbul dan bendera pun menurut Idham, merupakan bentuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Ia mengatakan, bendera merah putih adalah simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan sudah menjadi kewajiban bagi setiap warga negara untuk menghormati jasa para pahlawan dan pejuang bangsa.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” kata dia.

Selain itu, ia menambahkan, dengan memasang bendera merah putih, dapat menjadikan seluruh masyarakat terus optimistis dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

“Tahun ini merupakan tahun kedua peringatan HUT RI di tengah pandemi Covid-19. Tapi rasa nasionalisme seluruh bangsa Indonesia memang mesti terus dipupuk dan ditekadkan dalam hati masing-masing,” tandasnya. (dan)