Musim Kemerdekaan, Penjualan Bambu di Pacet Mulai Meningkat

SIAPKAN: Pedagang bambu di wilayah Kecamatan Pacet sedang mempersiapkan untuk dikirim ke pemesan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Memasuki musim peringatan kemerdekaan Republik Indonesia Agustus ini membawa berkah tersendiri bagi para pedagang bambu yang ada di Kecamatan Pacet, dan sebagian wilayah Utara Cianjur lainnya.

Bagaimana tidak, keperluan masyarakat untuk menggunakan bambu dalam memasang bendera serta pernak pernik dan umbul-umbul peringatan HUT RI ini sudah banyak yang gunakan.

Salah seorang penjual bambu di tepi Jalan Raya Pacet-Cipanas, Cece Amin (68) mengaku, selama memasuki awal peringatan HUT RI kemarin hingga sekarang, dalam kurun waktu sepekan ini dirinya mampu menjual ratusan batang bambu.

“Kebanyakan yang membeli itu bambu untuk pemasangan bendera dan umbul-umbul di berbagai tempat masing-masing,” kata dia, Jum’at (6/8/2021).

Sejak sekarang ini, lanjutnya, Cece dapat meraup keuntungan dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu, dan kini mulai naik hingga Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu. Jika dipersentasikan perhari bisa mencapai sekitar 20 persen kenaikannya.

“Itu juga belum pasti pak. Kan namanya jualan itu naik turun. Kadang lagi ada yang beli, kadang gak ada sama sekali. Tapi Alhamdulillah sekarang ini mampu menjual minimal 20 batang bambu perhari,” kata dia.

Ia menyebut, rata-rata pembeli itu adalah orang-orang di beberapa perusahaan swasta atau pemerintahan. Karena menurutnya, orang-orang tersebut membutuhkan untuk memasang umbul-umbul di kawasan perkantoran mereka.

“Untuk bambu yang ditawarkan mulai dari harga Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu per batang. Tapi kita juga menjual yang sudah diikat, dengan isi per lima batang. Itu harganya cukup hemat. Hanya Rp 30 ribu per lima batang,” jelasnya.

Selain melayani penjualan per batang dan ikat, usaha yang telah dilakoni lebih dari lima tahun itu, Cece juga menyediakan pesanan pembuatan rangka sebagai penyangga alat peraga atau untuk baliho-baliho besar.

“Jadi kita juga menyediakan bambu yang sudah dirangkai sesuai pesanan. Termasuk menjual jenis kayu lainnya untuk bahan bangunan, serta pagar rumah yang semuanya terbuat dari bambu,” paparnya.

Ia mengungkapkan, penjualan pun tak hanya melayani pembeli lokal Cianjur saja, tetapi beberapa dari luar Cianjur pun kadang sering ada yang memesan. Semisal di Bogor, Bandung, dan Sukabumi.

“Alhamdulillah, dengan adanya musim peringatan ini walaupun masih pandemi Covid-19, tapi ada kenaikan. Meski tak sesignifikan sebelum Corona. Mudah-mudahan saja pandemi segera usai dan ekonomi masyarakat bisa terus meningkat lagi,” pungkasnya. (dan)