Pemkab Cianjur Ingin Jadikan Hotel Tempat Isoman, PHRI Tak Bisa Jamin

Ilustrasi Hotel
Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Pemerintah Kabupaten Cianjur menyarankan hotel untuk dijadikan tempat isolasi mandiri pasien Covid 19.

Hal tersebut sebagai upaya agar menurunkan angka penyebaran Covid 19 yang saat ini masih terjadi di Kabupaten Cianjur.

“Hotel kemarin saya sudah sampaikan dapat dijadikan tempat isolasi, misalnya ada orang mana menginap di hotel selama 14 hari,”tutur Bupati Cianjur H.Herman Suherman.

Herman menjelaskan, nantinya di hotel tersebut sudah di sediakan fasilitas dan keperluan bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri.

“Tentunya di situ sudah disiapkan dokternya, perawatnya, tempat untuk berjemurnya, disiapkan makannya. Dengan catatan tidak makan di Bar, tempat makan hotel atau Kafe, itu harus di masing-masing kamarnya,”ungkapnya.

Menurutnya cara tersebut dapat menjadi pemasukan tersendiri untuk para pelaku ataupun pengusaha hotel.

“Sehingga ekonomi bisa berkembang,  bisa dipakai pasien untuk menyehatkan juga. Daripada di diamkan tidak efektif,”ujarnya.

Sementara itu di konfirmasi Radar Cianjur melalui sambungan telepon Ketua PHRI (Persatuan Hotel Dan Restoran Indonesia) Kabupaten Cianjur Nano Indrapraja menangapi wacana hotel dijadikan tempat isolasi mandiri. Ia berpendapat semua diserahkan kepada keputusan persetujuan para pengusaha hotel.

“Kita kembalikan kepada teman-teman pengusaha hotel, 2 bulan ke belakang sudah kami sampaikan bahkan ketua satgas Covid Kabupaten Cianjur menghubungi saya untuk menanyakan apakah teman-teman pengusaha hotel ada yang mau dijadikan tempat isolasi mandiri dan itu sudah saya sampaikan,”ungkapnya.

Namun Nano menjelaskan saat ini ada beberapa hotel yang bersedia menjadi tempat isolasi mandiri, akan tetapi bukan termasuk anggota dari PHRI Kabupaten Cianjur.

“Saya tidak bisa sebutkan nama hotelnya, yang jelas bukan anggota kami,”ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya sudah berusaha menyampaikan keinginan dari pemerintah Kabupaten Cianjur, namun ia tidak bisa menjamin untuk kesanggupan seluruh hotel di Kabupaten Cianjur untuk dijadikan tempat isolasi mandiri.

“Saya tidak bisa menentukan hotel anggota dapat dijadikan tempat isolasi. Saya hanya membantu memberitahukan bahwa silahkan menghubungi hotel yang bersangkutan karena untuk secara organisasi sudah kami tawarkan, namun tidak ada jawaban,”tandasnya (byu)