Satbrimob Polda Jabar Gelar Penyekatan Kendaraan

PENYEKATAN: Satuan Brimob (Satbrimob) Polda Jawa Barat (Jabar) saat menggelar penyekatan kendaraan di wilayah Kabupaten Cianjur.

RADARCIANJUR.com – Satuan Brimob (Satbrimob) Polda Jawa Barat (Jabar) ikut berpartisipasi dalam rangka Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, dengan menggelar penyekatan kendaraan di wilayah Kabupaten Cianjur.

Komandan Kompi (Danki) 4 Batalion B Satuan Brimob Polda Jawa Barat, Iptu Dani mengatakan, penyekatan kendaraan dilakukan dengan tujuan untuk menekan penyebaran dan penularan virus Covid 19.

“Kendaraan dengan plat nomor di luar wilayah Kabupaten Cianjur wajib menunjukkan hasil pemeriksaan dengan PCR atau rapid test antigen,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk pola pembatasan hampir sama dengan pola saat Operasi Ketupat pada Mei 2021. Sedangkan untuk kendaraan dengan nomor polisi di luar wilyah Cianjur akan diberhentikan untuk diminta surat keterangan seperti bukti telah melakukan vaksin, bukti pemeriksaan PCR yang berlaku 2×24 jam atau rapid test antigen yang berlaku 1×24 jam, atau surat jalan untuk sejumlah profesi.

“Kendaraan dengan plat nomor di luar wilayah Kabupaten Cianjur yang tidak dapat menunjukkan surat-surat tersebut diminta balik kanan,” jelas Dani.

Sedangkan untuk posko checkpoint penyekatan pertama didirikan di lokasi Tugu Lampu Gentur, Kota Cianjur.

“Sesuai arahan Dir Lantas Polda Jabar, posko check point nanti juga akan didirikan di semua titik perbatasan antar daerah seperti saat Operasi Ketupat,” jelasnya.

Seperti diberitakan, semua daerah atau total 38 daerah di Jawa Barat menjadi lokasi PPKM Darurat level 4.

Sementara , terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, menambahkan kegiatan penyekatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat.

“Ini merupakan wujud Bhakti Sat Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Jawa Barat salah satunya yakni di Kabupaten Cianjur, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Sat Brimob Polda Jabar dengan masyarakat dalam memutus mata rantai Virus Covid-19,” ujar Kombes Pol. Yuri Karsono.(riz)