Tonjolkan Muatan Lokal, Festival Cianjur 2019 Masuk Nominasi API 2021

Kegiatan festival yang diadakan tahun 2019 yang kini masuk Nominasi API 2021.

RADARCIANJUR.com- Kabupaten Cianjur kembali memperlihatkan sisi kreatifnya dibidang kesenian dengan kegiatan festival.

Tanpa diduga Festival Cianjur 2019 masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 kategori Festival Pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Yanto Hartono, mengatakan, masuknya Cianjur Festival 2019 pada API 2021 sangat membanggakan masyarakat Cianjur.

“Masuknya Festival Cianjur dalam kategori Festival Pariwisata selain kebanggan, juga jadi modal berharga untuk lebih mengenalkan destinasi wisata Cianjur yang begitu beragam,”ujarnya.

Diketahui API diselenggarakan pihak swasta yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dengan dilaksanakan setiap tahunnya untuk memacu peningkatan industri pariwisata di daerah.

“Kegiatan itu memang diselenggarakan setiap tahunnya untuk meningkatkan industri pariwisata disetiap Kabupaten dan Kota di Seluruh Indonesia,”bebernya.

Menurutnya, pencapaian tersebut tak lepas dari usaha semua pihak baik dari pemerintah maupun pihak-pihak yang terlibat pada kegiatan untuk memunculkan sisi kreatif dan pengenalan pariwisata di Kabupaten Cianjur.

“Tidak mudah untuk masuk nominasi ketagoti Festival Pariwisata, karena harus memenuhi kriteria yang cukup ketat,”jelasnya.

Yanto menjelaskan, masuknya Festival Cianjur 2019 karena sejumlah pertimbangan dari dewan juri melihat berbagai potensi yang dimunculkan.

“Salah satunya karena Festival Cianjur 2019 adanya muatan lokal yang kuat. Mulai dari tradisi, budaya, makanan, lokasi wisata dan ciri khas Cianjur,”jelasnya.

Ia berharap dengan pencapaian tersebut mampu membuat Kabupaten Cianjur lebih baik lagi pada tahap selanjutnya.

“Kami mohon dukungan dan doa kepada warga Cianjur, semoga Festival Cianjur 2019 bisa meraih hasil yang terbaik demi menunjang industri pariwisata,” tandasnya. (byu)