Cegah Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Nakes, RSUD Cimacan Lakukan Vaksinasi Ketiga

IKHTIAR: 28 tenaga kesehatan di RSUD Cimacan menjalani vaksinasi ketiga sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Vaksinasi ketiga dilakukan oleh RSUD Cimacan sebagai pendorong imunitas tenaga kesehatan (nakes) dan sebagai dosis tambahan untuk mencegah Covid-19. Vaksinasi dilakukan di RSUD Cimacan pada Senin (9/8).

Direktur Utama RSUD Cimacan, dr Juliana mengatakan, pihaknya menjadwalkan semua nakes agar bisa mendapatkan vaksin dosis ketiga

“Semua nakes kita jadwalkan karena saat ini masih ada sisa vaksin dosis kedua yang akan diberikan kepada masyarakat,” ujarnya.

“Jadi mungkin di hari ini kita nggak banyak nakes yang divaksin dan juga disesuaikan juga dengan jadwal kerja karena melihat efeknya nakes harus istirahat setelah divaksin,” sambungnya.

Hari ini, pihaknya baru bisa memberikan vaksin Covid-19 dosis ketiga kepada 28 nakes di RSUD Cimacan. Selanjutnya, akan ada nakes-nakes lain yang menerima vaksin.

“Semua nakes akan dilakukan vaksin dosis ketiga kecuali memang tiga bulan sebelumnya sudah terpapar. Kalau sudah terapapar kami akan undur waktunya,” ungkapnya.

Juliana menjelaskan, vaksin Covid-19 dosis ketiga bersifat booster atau peningkat imunitas. Terlebih nakes kerap bertemu banyak pasien.

“Dosis ketiga ini sifatnya booster untuk meningkatkan imun dan memperkuat antibodi khususnya nakes karena dianggap terdepan bertemu dengan pasien dan antibodinya harus tinggi terhadap Covid-19,” terangnya.

Akan tetapi, Juliana mengaku belum mengetahui secara pasti apakah vaksin dosis ketiga akan diberikan kepada masyarakat umum. Meskipun wacana tersebut sudah beredar.

“Tapi bisa saja dilakukan cuma vaksin dosis pertama dan kedua juga belum maksimal,” tutupnya. (kim)