MUI Cianjur Imbau, Peringatan Muharram Lebih Perbanyak Do’a

Ketua MUI Kabupaten Cianjur, H. Abdul Rauf

RADARCIANJUR.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur mengimbau masyarakat untuk lebih memperbanyak berdo’a dan menghindari hal-hal yang memicu kerumunan dalam memperingati tahun baru Islam, 1 Muharram 1443 Hijriah yang bertepatan dengan Selasa (10/8/2021) nanti.

“Sebetulnya kita juga memaklumi adanya peringatan yang selama ini masyarakat sering lakukan sebelum pandemi ini, baik itu pawai obor maupun kegiatan keagamaan lainnya. Namun karena masih pandemi Covid-19, kami imbau agar lebih diisi dengan memperbanyak do’a,” tutur Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Ra’uf, saat dihubungi Senin (9/8/2021).

Meski segala bentuk yang menimbulkan kerumunan itu harus dihindari, namun menurut Abdul Ra’uf, tanpa mengurangi rasa khidmat dan kekhusuan dalam memperingati 1 Muharram ini, dirinya sangat berpesan kepada masyarakat agar lebih melakukan do’a.

“Jadi dengan kita memperbanyak berdoa, mudah-mudahan saja pandemi ini bisa segera usai, dan kondisi tahun depan bisa lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Abdul Ra’uf.

Terlebih, lanjutnya, ketika pandemi telah usai, kegiatan macam kegiatan masyarakat bisa kembali normal dan lebih baik lagi.

“Kami tegaskan, intinya peringatan tahun baru Islam di masa pandemi ini, kita perbanyak berdoa untuk keselamatan dan kemaslahatan umat semua,” tandasnya.

Sebagai bahan informasi, Kementerian Agama menyatakan bahwa Tahun Baru Islam tetap jatuh pada 1 Muharram 1443 Hijriah atau 10 Agustus 2021.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan pemerintah hanya menggeser hari libur tahun baru menjadi 11 Agustus 2021.

“Tahun Baru Islam tetap, bertepatan 10 Agustus 2021. Hari liburnya yang digeser menjadi 11 Agustus 2021,” kata Kamaruddin.

Perubahan ini tertuang dalam keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 712, 1, dan 3 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menpan dan RB No. 642, 4, dan 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama. (dan)