PPKM Membawa Berkah, Penjualan Tanaman Hias di Cipanas Malah Naik 50 Persen

Pembudidaya sekaligus penjual tanaman hias yang berada di wilayah Kecamatan Cipanas, Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Juli kemarin ternyata tak hanya menimbulkan kerugian bagi para pengusaha.

Beberapa pelaku usaha tanaman hias di wilayah Kecamatan Cipanas, justru ketiban untung yang cukup besar, karena penjualannya meningkat hingga mencapai 50 persen.

“Alhamdulillah pak semenjak PPKM itu justru penjualan tambah meningkat bisa dibilang naik 50%. Jadi mungkin karena orang-orang itu pada nggak keluar, makanya banyak yang pesan via online,” kata Pemilik Cimacan Flower, Ujang kepada radarcianjur.com, Minggu (8/8/2021).

Ia mengaku, pemesanan dan pengiriman pun lebih banyak dilakukan ke luar Cianjur, salah satunya ke sejumlah daerah di Ibukota Jakarta. “Kita justru sering kirim ke Jakarta. Bahkan dalam sehari bisa mencapai tiga lokasi pengiriman, tergantung permintaan konsumen pak,” katanya.

Ia mengungkapkan, jenis tanaman yang banyak dicari dan dipesan konsumen rata-rata adalah jenis tanaman hias gantung. Seperti Petunia, Fuchsia, Anggrek dan jenis lainnya.

“Kebanyakan tanaman hias gantung yang banyak orang pesan. Kadang kalau kita terima semua pesanan, itu beberapa ada yang ke Bontang dan Banjarmasin. Cuma saya nggak sanggup kirim kecuali jenis lainnya yang kuat, baru kita kirim,” tuturnya.

Senada yang diungkapkan Made. Sebagai penjual tanaman hias di kawasan objek wisata Cibodas, ia mengaku, bahwa PPKM ini sangat membawa berkah dan keuntungan tersendiri bagi dirinya.

“Dari pertama PPKM sampai sekarang, proyek penjualan tanaman hias itu justru bertambah. Bahkan Pak Made mendapatkan tiga proyek Alhamdulillah. Satu di daerah Rancamaya, kemudian di Jalan Daan Mogot Jakarta, dan satu lagi di Jonggol,” tuturnya.

Bahkan ia sangat bersyukur kepada Allah, dengan adanya PPKM ini tidak merasa ada hambatan apa-apa dalam perjalanan, lancar-lancar saja.

“Saya justru bersyukur sekali, usaha ini tidak terkena imbas. Insyaallah berkah,” kata dia. (dan)