Tak Diunggulkan, Pemain Indonesia Melesat, Jadi Juara di Amerika

RADARCIANJUR.Com Petenis Indonesia Jessy Rompies sukses besar. Dia berhasil meraih gelar pertamanya di turnamen WTA. Dia merengkuh trofi ganda putri pada Thoreau Tennis Open 2021 (seri WTA 125) di Concord, Amerika Serikat, Minggu waktu setempat atau hari ini (9/8) WIB.

Pada turnamen ini, Jessy yang berpasangan dengan petenis Thailand Peangtarn Plipuech. Pada partai final, mereka mengalahkan Maitane Arconada (Amerika)/Catrina Bucsa (Spanyol) dengan skor akhir 3-6, 7-6(5), [10-8].

“Seneng banget, akhirnya bisa juara level WTA” kata Jessy dalam keterangan resminya usai laga seperti dikutip Antara.

“Lega rasanya bisa all-out hari ini meski harus main dua kali langsung, semi final dan final. It’s worth it,” tambah Jessy.

Tak hanya menjadi titel WTA pertama, kemenangan ini juga memberikan tambahan 160 poin yang akan berpengaruh pada peringkat dunia. Selain itu, Jessy berhak atas tambahan hadiah USD 2.500 dolar AS atau sekitar Rp 36 juta.

Dalam perjalanannya meski bukan unggulan Jessy/Plipuech mampu tampil apik. Pada babak pertama, mereka menang mudah atas wakil AS Brittany Collens/Victoria Hu dengan skor 6-1, 6-0.

Kemudian pada perempat final, Jessy/Plipuech mampu mengalahkan unggulan ketiga Kateryna Bondarenko (Ukraina)/Tatjana Maria (Jerman) dengan skor 7-5, 6-3.

Setelah itu di semifinal, mereka menyingkirkan Galina Voskoboeva (Kazakhstan)/Vera Zvonareva(Rusia) dengan skor 4-6, 6-1, [11]-[9].

Kali terakhir, petenis Indonesia tampil sebagai juara di turnamen WTA adalah pada September 2003 di Bali. Kala itu, Angelique Widjaja berpasangan dengan petenis Venezuela, Maria Vento mengalahkan pemain Australia/Prancis Nicole Pratt/Emilie Loit dengan skor 7–5, 6–2.

Perjalanan Jessy di Negeri Paman Sam masih berlanjut. Dia akan kembali mengikuti turnamen ITF World Tennis Tour W100 Landisville.

“Ini langsung ke sana karena Earth harus main kualifikasi tunggal besok (Senin). Sekitar enam jam perjalanan pakai mobil,” ujar Jessy. Dia adalah petenis andalan Jawa Timur di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Selain Jessy, petenis tim Merah Putih lainnya, Aldila Sutjiadi juga bakal meramaikan turnamen bertitel Koser Jeweler Tennis Challenge berhadiah total USD 100 ribu tersebut.(mg/jpc)