Sejumlah Rumah di Ciloto Terdampak Banjir dan Longsor, Diduga Gara-gara Ini

Salah satu akses jalan di Kampung Jemprak Desa Ciloto yang terkena imbas longsor yang disertai banjir Senin malam.

RADARCIANJUR.com – Sejumlah rumah warga di Kampung Jemprak RT 06 RW 03 Desa Ciloto Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur terdampak banjir yang disertai longsor, pada Senin (9/8/2021) sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, banjir tersebut bermula dari adanya volume air yang cukup tinggi di jalur gorong-gorong jalan protokol Puncak Cipanas Cianjur.

Keberadaan air yang melimpas ke pemukiman warga itu diduga karena adanya proyek pembangunan di wilayah atas salah satunya pembangunan jalur selamat dari Kementerian terkait yang kini tengah dikerjakan sejak beberapa bulan silam hingga sekarang.

Hingga akhirnya air dari hulu tak terbendung, dan melimpas ke pemukiman warga yang posisinya di bawah gedung bioskop Ciloto.

“Iya Senin malam itu terjadi banjir yang melimpas airnya dari atas jalur protokol Cipanas tepatnya di depan gedung bioskop Ciloto ke pemukiman warga sini. Bahkan ada beberapa rumah yang terendam hingga setinggi satu meter lebih,” tutur salah seorang tokoh masyarakat di Kampung Jemprak, Mamat Rahmat (50 tahun) saat ditemui, Selasa (10/8/2021) siang.

Menurutnya, peristiwa itu sudah beberapa kali terjadi dan menimpa pemukiman di Kampung dirinya lahir. Bahkan, beberapa rumah yang posisinya tak jauh dari jalur air yang melimpah itu, terendam hingga material tanah serta bebatuan ikut tergerus dan sempat menyebabkan jalur utama di Kampung Jemprak terhambat.

“Akses jalan utama di sini sejak malam terjadinya banjir dan longsor itu terhambat. Tapi setelah Selasa pagi sekitar pukul 08.00, sejumlah petugas dari Kementerian PUPR datang untuk mengevakuasi material,” kata dia.

Padahal menurutnya, kejadian banjir maupun longsor tersebut sebelumnya tidak pernah dialami warga, sebelum pembangunan di daerah hulunya itu dikerjakan seperti sekarang.

“Dari dulu juga Alhamdulillah belum pernah terjadi banjir dan longsor. Semenjak ada pembangunan itu saja, air yang melimpah dari atas jadi ke bawah dan menimpa masyarakat di Jemprak ini,” ungkapnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, warga sangat berharap kepada pemerintah desa, dan dinas terkait serta pemerintah pusat, bisa segera ada perbaikan dan penanganan serius. Sehingga banjir dan longsor yang sudah beberapa kali terjadi itu, tidak terus menerus menimpa warga di sini.

“Kami memohon kepada pihak-pihak yang berwenang dari pemerintah agar segera ada perbaikan dan penanganan di hulunya. Karena ini sudah sangat merugikan masyarakat, terlebih setelah adanya pembangunan di atas samping jalur nasional sekarang, itu sangat berpengaruh terhadap kami,” tuturnya.

Sementara itu, hingga berita ini terbit, keterangan dari Pemerintah desa serta dinas terkait belum bisa dimintai tanggapannya. (dan)