Diah Pitaloka Salurkan Belasan Kursi Roda dan Kebutuhan Dasar Bagi PPKS di Cianjur

SALURKAN: Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka bersama Kemensos RI menyalurkan bantuan kepada belasan penyandang disabilitas di Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka menyerahkan bantuan kursi roda, kebutuhan dasar, serta perlengkapan tidur kepada belasan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Cianjur, yang berlangsung di Aula Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Rabu (11/8/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Hari Hikmat bersama Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD) ‘Inten Soeweno’ Bogor.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka mengatakan, penyaluran ini merupakan kerjasama antara Kemensos dengan BBRVPD Inten Soeweno setelah dilakukannya pengecekan atau kunjungan bersama ke lapangan.

“Makanya kami salurkan bantuan ini sesuai kebutuhan masyarakat di sejumlah kecamatan di kabupaten Cianjur. Mulai dari kursi roda, kebutuhan dasar serta perlengkapan tidur,” kata Diah, Rabu (11/8/2021).

Adanya pendekatan hingga penyaluran bantuan kepada warga seperti ini, diharapkan bisa dilakukan pula ke daerah-daerah lainnya khusus di Jawa barat.

“Insya Allah semangat hadir kita hari ini bisa menjadi pemicu untuk tidak selalu patah di tengah pandemi. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat bagi ibu-ibu dan bapak-bapak yang membutuhkan,” kata Diah.

Diah menambahkan, selain bantuan langsung seperti ini, ia juga berharap Kemensos bisa memberikan pemberdayaan sosial yang tentu sangat dinantikan warga demi menggali potensi lokal masyarakat setempat.

“Jadi ke depan kami berharap bahwa Kemensos bisa mengartikulasikan persoalan kemiskinan yang ada di wilayah, sehingga masyarakat mampu keluar dari lingkaran kemiskinan itu,” ujarnya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Hari Hikmat dalam sambutannya menyampaikan, penyaluran bantuan yang disampaikan oleh Ibu Diah Pitaloka ini merupakan bentuk kemitraan kerja Kemensos dengan Komisi VIII. Termasuk kewajiban dalam menyerap aspirasi masyarakat di wilayah dapil masing-masing.

“Kami berupaya memenuhi apa yang menjadi aspirasi anggota dewan. Ini lah bukti kemitraan yang dibangun selama ini, yakni salah satunya dengan adanya penyaluran bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan,” tuturnya.

Ia menilai, konsistensi yang dilakukan Ibu Diah Pitaloka dalam memperjuangkan hak hak warga serta keperluan masyarakat telah terbukti.

“Banyak program yang diperjuangkan oleh Bu Diah bagi masyarakat. Bahkan beliau tidak ragu memberikan masukan yang kritis untuk Kemensos. Tapi Alhamdulillah hubungan kami sangat baik, dan insya Allah ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat semua,” tandasnya. (dan)