Nakes Cianjur Terima Vaksin Dosis Ketiga

Kegiatan Vaksinisasi di gedung GGM diperuntukkan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes). Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur mengadakan vaksinisasi masal yang diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (Nakes).

Pelaksanaan vaksinisasi dosis ke 3 yang dilakukan di Gedung Olahraga GGM diberikan kepada Nakes di seluruh wilayah kabupaten cianjur.

Jubir satuan penanganan, percepatan dan penanggulangan Covid 19 Kabupaten Cianjur dr Yusman Faisal mengatakan, vaksinisasi yang dilakukan diberikan kepada Nakes yang bertugas difasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta.

“Selain tenaga kesehatan dan perangkatnya di puskesmas kami juga memvaksinisasi tenaga kesehatan swasta atau jejaring puskesmas,”katanya.

Target nakes yang diberikan vaksin kurang lebih 1.000 sasaran dan penyelenggaraan selama 2 hari dengan membagi 2 waktu yakni
yang pertama untuk wilayah 1,2,3 dan untuk yang ke 2 wilayah 4,5 dan 6.

“Vaksin nya menggunakan vaksin moderna jadi satu kali dosis sekitar 0,5 mililiter cc,”ujarnya.

Untuk vaksinisasi ke 3 atau booster ini di harapkan nakes memiliki kekebalan lebih karena nakes adalah tulang punggung atau pintu masuk pertama masyarakat yang ingin dilayani kesehatannya.

“Insya allah dengan vaksin ini nakes akan terlindungi dari paparan atau dari penyakit berat dari covid 19,”ungkapnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan pihaknya, Yusman menyebut terjadi kesalahfahaman masyarakat yang datang untuk melakukan vaksinasi.

“Diperuntukan hanya untuk nakes, di tolak itu bukan kenapa-kenapa karena vaksinnya terbatas untuk masyarakat. Nanti kalau ada kiriman vaksin yang memadai masyarakat dapat dilakukan vaksinisasi,”tuturnya.

Sementara itu salah satu nakes klinik Ash-Shiddiq Ciwalen Kecamatan Warungkondang, Kharisma (25) sangat antusias menjalani vaksinasi.

“Saat ini sudah menjalan vaksinisasi yang ke 3, perasaannya awalnya takut sih dan untuk reaksi setelah di vaksin itu biasa saja,”paparnya.

Kharisma berpesan kepada masyarakat, vaksin tentunya bermanfaat bagi kekebalan tubuh untuk melawan virus Covid 19.

“Untuk masyarakat jangan takut di vaksin, jadi yang ditakutkan itu sebenarnya Kipi yakni mungkin penyakit yang sudah ada sebelumnya bukan vaksinnya,”tandasnya. (byu)