Salurkan Santunan Terapkan Prokes 5M

SOSIAL: Sejumlah anak yatim dan kaum duafa tengah diberikan santunan.

RADARCIANJUR.com – Warga masyarakat Kampung Gombong menyelenggarakan program Santunan Warga untuk Anak Yatim dan Kaum Dhuafa (SAWINDU). Program tersebut merupakan kerjasama antara ketua RW 04 dan ketua DKM Aslihatul Huda.

Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, Tatan Nuryaman menjelaskan, program Sawindu sudah berjalan pada Juli 2019 dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat kampung Pasir Gombong dalam hal kegiatan sosial.

Masyarakat saling berbagi rezeki untuk membantu anak yatim dan kaum dhuafa yang ada disekitar wilayah Pasir Gombong.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut pihaknya menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M. Sehingga masyarakat yang datang dibatasi jumlahnya. Hal tersebut untuk menghindari dari kerumunan dan mencegah penularan serta penyebaran virus Covid 19.

“Kami sudah menyiapkan dengan pembentukan tim satgas Covid 19 juga pada jauh hari sebelum dan adakan kegiatan ini. Sehingga warga masyarakat yang datang dalam kegiatan tersebut diberikan imbauan terlebih dahulu untuk wajib memakai masker. Selain itu warga juga dibatasi jumlahnya, di sekitaran lokasi juga disediakan tempat cuci tangan dan setiap warga yang datang ke lokasi kegiatan dicek suhu tubuhnya,” jelasnya.

Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap bulan. Penggalangan dana dari para donatur mulai tanggal 1 dan dibagikan setiap tanggal 5 kepada anak yatim dan kaum duafa.

Sedangkan untuk penyaluran dana santunan sawindu dibagikan kepada 25 anak yatim maupun piatu dan 70 kaum dhuafa yang ada di lingkungan RW 04 Kampung Pasir Gombong

“Santunan berupa sarana belajar (buku, pensil/pilpen, tas sekolah, seragam ) bahan sembako dan uang tunai yang dibagikan sesuai dengan kebutuhan tiap bulannya. Program ini adalah program kepedulian sosial berdasar situasi kondisi real masyarakat Kampung Pasir Gombong, di mana masyarakat yang mempunyai rizki lebih sebagai donatur membantu anak yatim dan kaum dhuafa,” pungkasnya.(riz)