Pasca Longsor, Kades Ciloto Meminta Dinas Terkait Segera Perbaiki Saluran di Jalur Protokol

Salah satu akses jalan di Kampung Jemprak Desa Ciloto yang terkena imbas longsor yang disertai banjir Senin malam.

RADARCIANJUR.com – Pasca terjadinya bencana banjir dan longsor yang menimpa sejumlah rumah di Kampung Jemprak RT 06 RW 03 Desa Ciloto Kecamatan Cipanas beberapa hari kemarin, Kepala Desa Ciloto Marwan meminta pihak terkait segera memberikan solusi proses perbaikan saluran air di jalur protokol Cipanas tersebut.

“Saya sangat berharap dari kementerian terkait segera melakukan perbaikan saluran air yang berada di pinggir jalan protokol Cipanas itu, sehingga tidak meluap lagi di saat hujan besar yang akhirnya mengakibatkan banjir serta longsor ke kampung di Ciloto ini,” tutur Marwan saat ditemui radarcianjur.com

Lebih lanjut ia mengatakan, adanya gerusan tanah di bantaran jalan Nasional depan gedung bioskop itu merupakan salah satu faktor meluapnya air hingga sebabkan banjir ke Kampung Jemprak. Padahal beberapa bulan lalu, kondisi tersebut sempat akan segera diperbaiki, namun hingga kini belum ada realisasi.

“Padahal sudah empat bulan lalu kejadian pertama ambrolnya tanah di depan bioskop itu. Kalaulah segera ada perbaikan, dan saluran air dari hulunya diatasi, insya Alloh gak akan terjadi banjir ke Jemprak,” kata Marwan.

Meski begitu, ia mengaku sehari setelah terjadi longsor, telah bertemu dengan perwakilan dari kementrian terkait bersama pihak RT dan tokoh masyarakat setempat untuk melakukan musyawarah terkait solusi yang harus segera diselesaikan.

“Jadi katanya dari kementrian PUPR akan segera melakukan perbaikan dengan cara bore pile atau bor pondasi. Tapi memang hal itu memerlukan waktu yang cukup lama. Rencananya tanggal 15 atau 16 baru akan dikerjakan,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah rumah di Kampung Jemprak RT 06 RW 03 Desa Ciloto Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur terdampak banjir yang disertai longsor, pada Senin (9/8/2021) sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, banjir tersebut bermula dari adanya volume air yang cukup tinggi di jalur gorong-gorong jalan protokol Puncak Cipanas Cianjur.

Keberadaan air yang melimpas ke pemukiman warga itu diduga karena adanya proyek pembangunan di wilayah atas salah satunya pembangunan jalur selamat dari Kementerian terkait yang kini tengah dikerjakan sejak beberapa bulan silam hingga sekarang.

Hingga akhirnya air dari hulu tak terbendung, dan melimpas ke pemukiman warga yang posisinya di bawah gedung bioskop Ciloto. (dan)