Pengemudi Ojol di Cianjur Berbagi Kebaikan pada Anak Jalanan

Devan pengemudi ojol warga Kampung Kebon Baru RT 02 RW 10, Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah selalu peduli terhadap anak jalanan Foto : Bayu Nurmuslim /Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kisah kebaikan hati seorang pengemudi ojeg online (ojol) di Kabupaten Cianjur bernama Devan (38) patut ditiru

Pasalnya dengan segala keterbatasan yang ia miliki ia tetap peduli pada orang-orang yang membutuhkan dan tidak mampu.

Mulai dari anak jalanan hingga pemulung, Devan dengan telaten memotong rambut, kuku, hingga memberikan makanan bagi anak-anak yang diterlantarkan orangtuanya tersebut.

“Saya hanya merasa kasihan. Karena di usia mereka yang masih anak-anak, tentunya ingin merasakan serta butuh perhatian dari orangtua, tapi mereka malah hidup di jalanan seperti ini,”katanya.

Devan yang merupakan warga Kampung Kebon Baru RT 02 RW 10, Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah mengungkapkan, ia melakukan semua itu, semata-mata hanya ingin membantu. Meskipun penghasilan sebagai pengemudi ojol di Cianjur tidak besar, namun ia ikhlas berbagi dengan mereka yang jauh lebih membutuhkan.

“Saya melakukan ini dengan keinginan sendiri dan dengan modal sederhana yang saya bisa berikan pada anak-anak tersebut,”ujarnya

Aksi kepedulian Devan terhadap anak jalanan dan pemulung ini bukan hanya sekali atau dua kali dilakukan, namun sudah cukup sering. Biasanya ia menemui banyak anak jalanan di sekitar Pasar Ramayana dan sekitar Jalan Bypass.

Devan mengatakan, meskipun bukan orang tua ataupun kerabat kandung mereka, namun ia senang jika dianggap pengganti orangtua mereka.

“Bantuan yang saya berikan hanya alakadar sesuai dengan kemampuan saya. Karena saya pribadi juga belum bisa memberikan lebih pada anak-anak itu. Tapi saya salut, karena mereka mau bekerja meskipun hanya mengepul barang bekas dan tidak meminta-minta pada orang lain,” terangnya.

Selain melakukan aksi sosial pada anak jalanan dan pemulung, Devan juga rutin membagikan nasi bungkus setiap Jumat.

“Biasanya kalau ada rezeki lebih, setiap Jumat saya bagikan nasi bungkus. Sederhana, tapi saya selalu senang bisa melihat senyum di wajah mereka dengan makan makanan yang saya berikan,”bebernya.

Menurutnya, di masa yang serba sulit dan pandemi Covid-19 ini, semua orang harus bisa bertahan dengan keadaan yang tak menentu.

“Semua orang, apapun profesi dan berapapun uang yang kalian miliki, ayo tunjukkan kepedulian. Karena sekecil apapun bantuan kalian, akan berarti bagi orang yang membutuhkan,”pungkasnya (byu).