Satu Santri Tergulung Ombak Saat Berenang di Pantai Cieurih Sindangbarang

PERSIAPAN: Tim Basarnas Bandung diberangkatkan untuk melakukan pencarian santri yang tenggelam di Pantai Cieurih. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Korban tenggelam kembali terjadi di Pantai Cieurih Desa Jayagiri Kecamatan Sindangbarang. Kejadian tersebut pada Kamis (12/8) sekitar pukul 10.30 WIB. Dari informasi terhimpun, kejadian berawal ketika lima orang santri berenang di pantai tersebut yakni Gunawan (13) warga Desa mekarwangi Kecamatan Cikadu, Ilham (17) warga Kampung Sindangsari Desa Girijaya Kecamatan Cibinong, Apep (17) warga Kampung Singkup Desa Sukamulya Kecamatan Cikadu, Rio (15) warga Kampung Cijaringao Desa Mekarlaksana Sindangbarang dan korban yang terseret yakni Hilman (15) Kampung Cihampelas Rt02 Rw 02 Desa Hegarsari Kecamatan Sindangbarang.

Saat itu kelimanya asik bermain air, namun salah satu diantaranya berenang terlalu jauh yakni Hilman. Wawan (50) warga sekitar yang tengah mengembala kambing sempat mengingatkan agar jangan terlalu ke tengah laut, namun tidak diindahkan. Korban pun terseret ombak besar.

Kapolsek Sindangbarang, AKP Muhaimin yang mendapatkan laporan tersebut pun langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan pemeriksaan terhadap laporan yang diterima.

“Iya betul ada informasi mengenai korban tenggelam sekitar pukul 10.30 WIB, kita koordinasi juga dengan Basarnas, Damkar, TNI, Retana, Pol PP, Tagana, BPBD dan masyarakat sekitar untuk melakukan penyisiran di sekitar TKP,” ujarnya.

Sementara itu, Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung yang mendapatkan laporan langsung melakukan persiapan untuk menuju lokasi setelah mendapatkan informasi tersebut.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah memberangkatkan satu tim rescue dari kantor SAR Bandung pada pukul 11.50 WIB dengan estimasi tim tiba pada pukul 18.50 WIB.

“Adapun korban dalam pencarian bernama Hilman (15) warga Kampung Ciogong Rt01 Rw02 Desa Kertasari Kecamatan Sindangbarang. Keempat rekan korban selamat antara lain Apep (17), Gunawan (13), Rio (15) dan Ilham (17),” terangnya.

Pihaknya menyiapkan alut antara lain satu Unit Rescue Car, satu Unit LCR, satu Set Palsar Air, satu Set Peralatan Alkom, satu Set Peralatan Medis dan APD Personal.

“Akan kami upayakan semaksimal mungkin untuk pencarian korban dengan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian,” jelasnya. (kim)