Jokowi Beri Bonus ke Greysia dan Apriyani Rp 5,5 Miliar

RADARCIANJUR.com – Banyak yang bertanya-tanya berapa besaran bonus atlet Indonesia yang berhasil mendapatkan medali di Olimpiade Tokyo 2020 kemarin. Hal ini pun akhirnya terungkap.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan besaran bonus kepada para altet Indonesia yang berhasil menyabet medali. Kata Jokowi untuk peraih medali emas mendapatkan bonus uang Rp 5,5 miliar untuk masing-masing atlet.

Kemudian atlet peraih medali perak di Olimpiade Tokyo mendapatkan bonus uang Rp 2,5 miliar. Selanjutnya untuk peraih mendali perunggu mendapatkan uang sebesar Rp 1,5 miliar.

“Apakah perlu saya sebut? Karena situasinya pandemi. Tapi enggak apa-apa ya saya sebut, jadi untuk peraih medali emas Rp 5,5 milar, peraih medali perak Rp 2,5 milar, kemudian peraih medali perunggu Rp 1,5 milar,” ujar Jokowi saat menerima atlet Indonesia di Halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8).

Jokowi mengatakan, pemerintah juga bakal memberikan bonus kepada para atlet yang tidak mendapatkan medali di Olimpiade Tokyo 2020. Termasuk juga para pelatihnya.

“Bonus juga diberikan kepada para pelatih kemudian juga para atlet non peraih juga diberikan. Ya cukup gede tapi enggak usah saya sebut,” katanya.

Kepala negara berharap prestasi para atlet yang berhasil membawa pulang medali ini ke tanah air bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat dan atlet yang lain untuk bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Semoga prestasi yang saudara-saudara raih saat ini menjadi ispirasi, dapat menjadi teladan, dorongan dan motivasi bagi atlet, masyarakat kita semua agar terus bekerja keras, terus berprestasi dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

Diketahui, skuad Merah-Putih kembali ke tanah air dengan membawa lima keping medali di Olimpiade Tokyo 2020 yang terdiri dari satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Medali-medali tersebut diraih para atlet dari cabang olahraga bulu tangkis dan angkat besi. Dari angkat besi, lifter putri Windy Cantika Aisah menjadi penyumbang medali pertama bagi Indonesia. Atlet yang akrab disapa Cantika itu meraih medali perunggu pada nomor 49 kg putri.

Kemudian lifter senior Eko Yuli Irawan yang berhasil menyumbang medali perak dari nomor 61 kg putra, disusul lifter Rahmat Erwin Abdullah yang meraih medali perunggu dari nomor 73 kg putra.

Setelah itu, rangkaian medali Indonesia didapat dari bulu tangkis. Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyabet medali emas dari nomor ganda putri. Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting meraih perunggu dari nomor tunggal putra (mg/jpc)