Jokowi: Saya dan Rakyat Indonesia Sangat Bangga

RADARCINJUR.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi atas kerja keras para atlet Indonesia yang berhasil membawa pulang lima medali di perhelatan Olimpiade Tokyo 2020. Ia mengaku sangat bangga dengan capain itu.

“Saya beserta seluruh rakyat sangat bangga atas perjuangan, atas kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Tokyo dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih,” ujar Jokowi saat menerima kontingen atlet Indonesia di Halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga berterima kasihnya kepada Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang telah mendapatkan emas dari cabang ganda putri bulutangkis. Sehingga ini melajutkan tradisi Indonesia bisa mendapatkan emas di ajang bergengsi tersebut.

“Terima kasih atas medali emas yang diberikan oleh bulu tangkis ganda putri, melanjutkan tradisi medali emas Indonesia dari cabang bulu tangkis. Sekali lagi selamat pada para juara medali emas yang diraih ganda putri Greysia Polli dan Apriyani Rahayu,” katanya.

Kemudian Jokowi juga mengapresiasi kepada pebulutangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, lifter putri Windy Cantika Aisah, dan lifter putra Rahmat Erwin Abdullah yang telah berhasil menyumbangkan medali ke Indonesia.

“Terima kasih atas prestasi yang saudara-saudara raih dan pemerintah memberikan penghargaan berupa bonus,” ungkapnya.

Diketahui, Indonesia yang meloloskan 28 atlet ke Olimpiade Tokyo 2020, berhasil mengoleksi lima medali di pesta olahraga terakbar dunia itu dengan rincian satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Medali emas diraih pasangan ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Sementara medali perak diraih lifter putra Eko Yuli Irawan kelas 61kg.

Sedangkan tiga medali perunggu dipersembahkan pebulutangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, lifter putri Windy Cantika Aisah 49 kg, dan lifter putra Rahmat Erwin Abdullah 73 kg.

Adapun Presiden Jokowi memberikan bonus kepada para atlet yang telah mebawa pulang medali di Olimpiade Tokyo 2020. Peraih medali emas mendapatkan bonus uang Rp 5.5 miliar untuk masing-masing atlet.

Kemudian atlet peraih medali perak di Olimpiade Tokyo mendapatkan bonus uang Rp 2.5 milar. Selanjutnya untuk peraih mendali perunggu mendapatkan uang sebesar Rp 1.5 miliar(mg/jpc)