Pelajar di Cianjur Mulai Terima Vaksin Covid Dosis Pertama

Pelaksanaan vaksinasi kepada para pelajar dan santri yang berlangsung di MAN 2 Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 300 pelajar dan santri dari berbagai wilayah di kabupaten Cianjur mulai menjalani suntik vaksin Covid-19 dosis pertama yang secara resmi dilaunchingkan oleh Bupati Herman Suherman di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cianjur, Kecamatan Pacet, Jum’at (13/8/2021).

“Alhamdulillah hari ini kita launching di MAN 2 Cianjur dengan target vaksinasi ke seluruh pelajar sebanyak 1,8 juta siswa dan santri. Namun hari ini kita baru bisa menyelesaikan sekitar 16 persen dari total itu,” ujar Bupati saat ditemui, Jum’at (13/8).

Lebih lanjut Herman menyebut, taget maksimal pelaksanaan vaksinasi tersebut hingga Desember, bisa mencapai 70 persen sudah diterima pelajar dan santri semuanya.

“Untuk vaksinasi santri juga insya Allah besok kita akan pakai satu mobil vaksinasi mobile ini. Sehingga bisa lebih membantu pelaksanaan suntin vaksin,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Irfan Nur Fauzi menambahkan, bahwa pelaksanaan vaksinasi pelajar dan santri ini sekaligus launching mobile vaksinasi angkutan bus yang digunakan untuk vaksinasi keliling.

“Kami mempunyai sasaran seluruhnya itu santri sebanyak 3000 santri. Hari ini kami melaksanakan 300 sasaran pelajar, santri dan masyarakat umum. Tetapi sampai dua minggu kedepan kami akan terus melaksanakan vaksinasi secara keliling dari satu titik ke titik lain,” tuturnya.

Dari 300 sasaran pelaksanaan vaksinasi hari ini, Irfan merinci, terdiri dari 150 siswa dari MAN 2 Cianjur sebagai tuan rumah, kemudian santri 100 sasaran, serta 50 warga sekitar Pacet dan Cipanas.

Sinta (17) Seorang siswa MAN 2 Cianjur mengaku kaget dan sedikit khawatir sebelum menjalani sunti vaksin Covid-19 ini. Namun akhirnya ia memberanikan diri dan yakni bahwa vaksinasi ini tidak berbahaya bahkan menjadi upaya mencegah penularan virus Corona.

“Asalnya kaget, tapi Alhamdulillah setelah divaksin saya merasa lega dan nyaman bisa berikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19 ini,” kata dia.

Dirinya berharap, setelah menjalani vaksinasi tahap ini pertama ini, bisa meningkatkan imun tubuh dan terhindar dari virus Corona.

“Mudah-mudahan saja pak kita ini bisa terhindar dari virus Covid-19 dan Pandemi segera usai,” pungkasnya. (dan)