PPKM Lanjutan, Imunisasi Balita Tetap Berjalan Dor To Door.

Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr. Yusman Faisal. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Berlangsungnya PPKM lanjutan di Kabupaten Cianjur tak membuat imunisasi sejumlah balita terhenti.

Pasalnya setiap bayi diwajibkan sebelum menginjak usia 1 tahun harus mendapatkan imunisasi untuk melawan berbagai penyakit.

Namun untuk mencegah terjadinya Kluster penularan Covid 19 imunisasi terpusat di posyandu saat ini sementara dihentikan.

Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr. Yusman Faisal mengatakan, sistem imunisasi kepada balita dasar saat ini tidak dapat dilakukan secara terpusat dibeberapa pusat fasilitas kesehatan.

“Saat ini kita lakukan dor to door (rumah ke rumah: red) untuk dilakukan imunisasi dasar balita,”katanya.

Menurut Yusman sebelumnya, sistem agar bayi mendapat kan imunisasi nakes mengundang ibu-ibu yang ada di wilayah desa atau kelurahan untuk datang.

“Sistem seperti ini sementara kita tiadakan agar tidak terjadi banyaknya kerumunan,”tuturnya.

Yusman menjelaskan, nantinya kader posyandu bisa menghubungi bidan desa setempat dengan perjanjian kapan waktu akan dilakukan imunisasi.

“Jadi dari situ kader memberitahukan kepada warga jadwal imunisasi satu ke RT an atau ke RW an masing-masing balita dirumahnya,”ungkapnya.

Pihaknya belum dapat memastikan kapan jadwal imunisasi dapat terpusat kembali.

“Sementara kita tidak lakukan terpusat. Kalaupun terpaksa lebih membatasi,”tandasnya. (byu)