Peringati Hari Kemerdekaan, Komunitas Sadulur Cipanas Baksos di Koramil

SANTUNAN: Ketua Umum Sadulur Cipanas beserta Muspika Cipanas menyalurkan bantuan kepada puluhan veteran dan yatim.

RADARCIANJUR.com – Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, komunitas sadulur Cipanas melaksanakan bakti sosial kepada puluhan veteran serta anak yatim piatu yang ada di wilayah Kecamatan Cipanas, Senin (16/8/2021).

Giat baksos yang berlangsung di halaman Koramil Cipanas itu, dihadiri Danramil 0608-04 Pacet, Kapolsek Pacet, Camat Cipanas, serta unsur muspika lainnya dan puluhan anggota Sadulur Cipanas.

Ketua Umum Komunitas Sadulur Cipanas, Dede Ichsan mengatakan, kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan ini merupakan salah satu bentuk menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan antar sesama, terlebih kepada para pejuang terdahulu di saat merebut kemerdekaan.

“Karena kebetulan momen ini berkaitan dengan peringatan 10 Agustus hari Veteran dan 17 Agustus hari kemerdekaan Republik Indonesia, kami dari komunitas Sadulur Cipanas tulus memberikan sedikit bantuan bagi keluarga veteran dan anak yatim di Cipanas,” tuturnya, Senin (16/8/2021).

Untuk santunan dan baksos yang diberikan, Dede menyebut, sebanyak 44 orang yang diantaranya 34 veteran dan sepuluh anak yatim piatu di wilayah kecamatan Cipanas.

“Kami berikan sesuai dengan anggota veteran yang ada, yakni 34 orang yang ditambah 10 anak yatim piatu, semuanya Alhamdulillah berjalan lancar dengan dukungan semua pihak,” katanya.

Ia mengaku, bantuan yang disalurkan merupakan murni swadaya para anggota Sadulur Cipanas semuanya, yang selama ini sering dilakukan tanpa partisipasi dari sponsor ataupun pemerintah.

“Setiap kegiatan yang kita lakukan semuanya asli dari komunitas kami secara udunan. Tanpa ada sponsor lain untuk mendompleng ketenaran atau niat apapun,” katanya.

Dirinya sangat berharap, hal-hal semacam ini bisa terus dipupuk dan ditularkan kepada semuanya. Terutama kepada para anggota di komunitas ini.

“Mudah-mudahan kita semua diberikan keistiqomahan untuk memberi manfaat positif bagi seluruh lapisan masyarakat di Cipanas dan Kabupaten Cianjur,” pungkasnya. (dan)