Kenang Jasa Pahlawan, Forkompincam Cipanas Gelar Renungan Suci di TMP

UPACARA: Unsur Forkopincam Cipanas mengikuti upacara renungan suci jelang 17 Agustus di Taman Makam Pahlawan. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Menjelang peringatan HUT kemerdekaan 17 Agustus sekaligus mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Cipanas menggelar upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cipanas, Senin (16/8/2021) malam.

Camat Cipanas Latif Ridwan dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa syukur atas nikmat kesehatan kepada Allah SWT, dimana seluruh unsur Muspika dan masyarakat Cipanas khususnya telah berkenan mengikuti upacara renungan suci di TMP Cipanas ini.

“Kita doakan bersama para pahlawan bangsa ini, semoga segala iman dan takwanya dan amal kebaikannya diterima oleh Allah SWT,” ucap Latif, Senin (16/8/2021) malam.

Lebih lanjut, ia mengatakan, renungan seperti ini tentunya sudah menjadi kegiatan rutin setiap setahun sekali di malam menjelang HUT ke-76 RI, yang dimulai pada pukul 23.00 hingga selesai.

“Sebetulnya tujuan dari upacara renungan suci di TMP Cipanas ini merupakan bentuk menghargai dan mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia waktu itu,” kata dia.

Menurutnya, perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan Indonesia ini memiliki nilai yang berharga dan jasa mereka tak ternilai oleh apapun. Untuk itu, sebagai penerus bangsa sudah sepatutnya bisa menghargai jasa para pahlawan.

Ia menambahkan, dengan perjuangan pahlawan di era saat ini, tentunya semua unsur masyarakat bisa kemudian dilanjutkan melalui bentuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjauhi perpecahan.

“Tanpa jasa para pahlawan, kita saat ini belum tentu bisa merasakan kemerdekaan dan hidup aman serta nyaman di negeri tercinta ini. Mari bersama menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan bangsa ini,” pungkasnya. (dan)