Veteran Cibeber Berusia Satu Abad Bicara Makna Kemerdekaan

Ketua LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kecamatan Cibeber Ki Apip. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang kini memasuki usia 76 memiliki kesan tersendiri bagi para pejuang kemerdekaan atau lebih dikenal dengan sebutan Veteran, salah satunya para veteran di Kecamatan Cibeber

Veteran sisa-sisa pejuang kemerdekaan di Kecamatan Cibeber saat ini tergabung dalam organisasi LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia).

Ketua LVRI Kecamatan Cibeber Ki Apit (97) mengaku, peringatan HUT RI tahun ini menjadi ajang ia dan rekan-rekannya mengenang kembali masa perjuangan melawan penjajah.

“Di hari kemerdekaan ini tentunya sebagai ajang mengenang bagaimana saya dan rekan-rekan yang lainnya berjuang mengusir penjajah agar Indonesia dapat merdeka,”katanya.

Pria yang berusia hampir satu abad ini menjelaskan, Negara Indonesia saat ini belum sepenuhnya merdeka karena kesejahteraan hanya dapat dinikmati kalangan tertentu.

“Jadi dapat di katakan merdeka sepenuhnya itu kalau rakyat kecil sudah menikmati kesejahteraan “ungkapnya.

Di usianya yang sudah tua, Ki Apit masih terlihat bersemangat dan menitipkan pesan kepada generasi muda di momen HUT RI yang ke 76 ini agar kemerdekaan di isi dengan hal-hal yang berguna untuk bangsa dan negara.

“Ini menjadi PR (Pekerjaan rumah:red) untuk para pemuda dan pemudi untuk meneruskan kemerdekaan yang telah pahlawan perjuangan untuk bangsa ini,”tuturnya.

Ia mengaku, bersyukur saat ini para veteran cukup baik diperhatikan pemerintah dengan memberikan rutin uang tunjangan setiap bulannya.

“Dapat uang tunjangan 2 juta 751 ribu rupiah perbulannya, ada yang di ambilnya ke kantor pos, ada yang ke bank. Beda-beda sih,”jelasnya.

Ki Apit menjelaskan, saat ini dari beberapa anggota veteran yang tergabung di LVRI Kecamatan Cibeber hanya tersisa beberapa orang saja dikarenakan banyak yang sudah memasuki usia lanjut kemudian meninggal.

“Sekitar 25 tahun yang lalu anggota kami mencapai 60 orang yang tersebar di berbagai Desa di Kecamatan Cibeber, sekarang hanya tersisa 11 orang saja, itupun banyak yang sudah sakit-sakitan dan jarang berkumpul atau melakukan kegiatan seperti kami di LVRI,”paparnya

Sementara itu, Camat Cibeber Ali Akbar menuturkan, pemerintah kecamatan bersama pihak-pihak lainya ingin memberikan perhatian lebih kepada para veteran di Kecamatan Cibeber yang dahulu berjuang untuk kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

“Alhamdulillah seusai pelaksanaan upacara HUT RI, Muspika bersama dengan ormas FKPPI melaksanakan silaturahmi ke beberapa rumah veteran sekaligus memberikan bingkisan,”tandasnya. (byu)