Makna Kemerdekaan di Masa Pandemi, Pelaku Usaha: Mari Saling Peduli dan Berkolaborasi

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cianjur, Helmi Suana Permanahadi. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Bangsa Indonesia telah merdeka berkat perjuangan gigih para pahlawan dan segenap rakyat Indonesia 76 tahun silam. Kemerdekaan itu mampu diraih, dengan berbagai cara hingga cucuran air mata.

Namun kemerdekaan di masa saat ini terlebih di masa pandemi Covid-19, tentu memiliki makna yang berbeda.

Perjuangan kali ini salah satunya yaitu dengan cara berjuang melawan Covid-19 yang tidak hanya menyerang manusia, tetapi juga menyerang segala aspek pembangunan, ekonomi, pendidikan dan sektor lainnya.

Mengenai hal tersebut, salah seorang pelaku usaha yang sekaligus Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) kabupaten Cianjur, Helmi Suana Permanahadi memberikan tanggapannya.

“Indonesia sebetulnya sangat layak untuk merdeka. Masalah kenapa pelaku usaha masih terpuruk, dimungkinkan karena beberapa kebijakan yang kurang pas dalam pelaksanaannya. Pemerintah harus membuat kebijakan yang menguntungkan rakyat di masa pandemi ini,” tutur Helmi kepada radarcianjur.com saat dihubungi, Rabu (18/8/2021).

Meski begitu, lanjut Helmi, para pelaku usaha pun tentu tak harus lepas dan selalu berpangku tangan kepada pemerintah. Namun semestinya semua harus menjadi satu kesatuan untuk bersatu dan menumbuhkan perekonomian bangsa, sebagai salah satu makna kemerdekaan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Pelaku usaha pun harus lebih kreatif dan inovatif di masa sekarang yang sudah menjadi pasar global. Lebih semangat dalam menjalankan usahanya,” kata dia.

Tak hanya itu, Helmi juga mengatakan, bahwa dalam mewujudkan rasa syukur atas kemerdekaan RI, selaku warga negara dapat melakukan beberapa hal. Seperti mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan jalan mengisi sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing.

Kemudian menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan pejuang bangsa dengan cara meneruskan amanat cita-cita perjuangan bangsa.

“Dalam situasi Pandemi Covid-19, saya memaknai kemerdekaan ini juga sebagai suatu kondisi untuk kita saling peduli dan menguatkan lewat kolaborasi. Seperti halnya kolaborasi yang sudah saya lakukan dengan beberapa pengusaha lain,” katanya.

Selain itu, semua juga tentu harus terus berusaha mengisi kemerdekaan ini dengan membangun ekosistem bisnis yang kreatif dan inovatif dengan kearifan lokal lingkungan sekitar. Serta mampu menjadi agen perubahan untuk Indonesia Lebih maju.

“Mudah-mudahan dengan apa yang saya lakukan ini bisa menjadi rule model bahwasannya kita dalam berusaha, berkreasi & berkarya di bidang apapun akan menjadi sesuatu, jika kita memang betul-betul mempunyai ide gagasan yang dipadukan dengan kepedulian akan lingkungan sekitar,” paparnya.

Ia menambahkan, Indonesia adalah bangsa yang besar. Maka dari itu, ia mengajak, mari sama-sama membangun negara ini dengan kearifan lokal dan bangga dengan produk-produk Indonesia.

“Berpikirlah sederhana, keluarkan semua dari hati, karena karya terlahir dari mimpi dan usaha untuk membuat perubahan,” tutupnya. (dan)