Spesialis Pembobol Rumah dan Vila di Pacet Ditangkap Polisi

Kapolres Cianjur berserta yang didampingi jajarannya memperlihatkan barang bukti hasil pencurian pelaku bobol rumah di Pacet, Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jajaran kepolisian sektor (Polsek) Pacet Polres Cianjur berhasil menangkap EP (25) dan R (21) terkait kasus pencurian barang berharga di salah satu vila di wilayah Kecamatan Pacet.

Penangkapan EP bermula dari laporan warga yang mengalami kebobolan sejumlah barang berharga dengan kerugian sekitar puluhan juta rupiah.

“Tersangka mengambil dua unit motor, dua televisi LED, dua buah smartphone dan barang berharga lainnya dengan total kerugian yang dialami korban mencapai puluhan juta rupiah,” kata Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan kepada wartawan saat pers rilis di Mapolsek Pacet, Rabu (18/8/2021).

Modus yang digunakan tersangka, lanjut Kapolres adalah berpura-pura menjadi pemulung di wilayah tersebut. Kemudian kedua pelaku masuk ke rumah atau vila yang dia incar. Setelah memastikan situasi aman, mereka langsung menggasak barang-barang berharga di tempat tersebut.

“Modusnya pura-pura menjadi pemulung. Di saat rumah vila itu kelihatan kosong, mereka masuk, lalu mencongkel, hingga akhirnya menggasak barang berharga milik korban,” kata Kapolres.

Dari hasil pemeriksaan serta penyeledikan petugas, kedua tersangka pun masih didalami dan dikembangkan. Karena kemungkinan ada pelaku lain itu bisa saja terjadi.

“Kami masih dalami kemungkinan tersangka lain setelah hasil penangkapan kedua pelaku ini. Termasuk mengembangkan terus kasus ini hingga selesai,” ujarnya.

Lebih lanjut, pasal yang disangkakan untuk kedua pelaku yakni pasal 363 KUHP tentang pencurian bersekutu dengan ancaman hukuman sekitar 6 hingga 7 tahun penjara.

“Kami sangat mengimbau kepada masyarakat semuanya, karena di masa pandemi ini tak sedikit rumah-rumah yang ditinggalkan, maka diharapkan peran aktif serta bantuan warga jika terjadi suatu hal di lingkungannya yang tidak diinginkan, harap melapor kepada kami,” pungkasnya. (dan)