Cegah Covid-19, Sosialisasikan Prokes pada Masyarakat

CEGAH COVID-19: Jajaran dan staf Desa Babakan Karet foto bersama usai memberikan sosialisasi prokes pada masyarakat.

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Babakan Karet Kecamatan Cianjur gencar mensosialisasikan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan secara konsisten kepada masyarakat desa.

Selain itu, Pemdes yang menjadi salah satu Ikon Wisata Agro di Kecamatan Cianjur yang memiliki Hutan Kota ini, menindak secara tegas warga yang melanggar prokes di setiap RT dengan membentuk Satgas dan posko penanggulangan pandemi Covid-19, di masyarakat bersama aparat dari Kepolisian dan TNI.

Kepala Desa Babakan Karet, Isep Solihin menuturkan, selain membuat posko dan satgas pihak Desa juga rutin melaksanakan Jumat Bersih (Jumsih) selaras dengan program Pemda Cianjur.

“Dengan membentuk posko dan satgas di tingkat ke RT an dan Kepemudaan, Pemantauan dan penanggulangan Covid-19 lebih menyeluruh dan teratur. Selain itu, kami rutin bersih-bersih dan melaksanakan penyemprotan lingkungan di setiap kampung yang ada di Desa Babakan Karet, ” tuturnya.

Lanjut Isep mengatakan, kebersihan sangatlah penting bagi kehidupan masyarakat untuk menuju pola hidup sehat juga bisa membangkitkan kembali rasa kebersamaan di antara warga bersama staf Desa yang terjun secara langsung.

“Kami pun melibatkan para ketua RT dan RW juga masyarakat yang mungkin tidak sedang sibuk, apalagi kaitan dengan situasi pandemi serta kondisi wabah Covid-19 yang harus kita cegah penyebarannya,” katanya.

Isep menambahkan, adanya wabah pandemi Covid-19, berdasarkan instruksi dari Pemerintahan Pusat, Provinsi hingga Kabupaten yang berkonsentrasi untuk dialokasikan ke kegiatan pencegahan, penangan juga bantuan sosial pada masyarakat.

”Alhamdulillah untuk Dana Desa tahap I sudah kami realisasikan untuk warga khususnya bagi yang terdampak pandemi covid–19, bahkan untuk tahap berikutnya pun berdasarkan instruksi serta peraturan Pemerintah teratas selama kasus wabah ini belum selesai pengalokasiannya harus tetap fokus untuk penanganan pandemi,” pungkasnya. (hry)