Disdukcapil Cianjur Genjot Cakupan E-KTP Untuk Masyarakat

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur genjot target kepemilikan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) bagi masyarakat Kabupaten Cianjur.

Disdukcapil mencatat selama berlangsungnya PPKM Lanjutan cakupan percetakan dan perekaman E-KTP saat ini mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cianjur H. Munajat mengatakan, PPKM Lanjutan tidak terlalu berdampak kepada pembuatan E-KTP.

“Meski adanya PPKM Lanjutan, untuk perekaman dan percetakan tetap dibuka hanya saja dengan pembatasan dan sesuai prokes ketat. Alhamdulillah sudah mencapai 98,9 persen”katanya.

Menurutnya, dari sisa persentase perekaman dan percetakan tinggal target wajib KTP pada usia 17 tahun.

“Untuk sisanya tinggal para remaja usia 17 tahun, karena saat ini tengah gencar di sosialisasikan dan menjadi prioritas program Disdukcapil,”tuturnya.

Selain itu, saat ini untuk bahan-bahan pembuatan KTP yang ada di Disdukcapil Kabupaten Cianjur tidak mengalami banyak kendala.

“Untuk saat ini tidak masalah dan untuk stok blangko KTP di Kabupaten Cianjur cukup baik,”ungkapnya.

Munajat menyampaikan, pihaknya mensiasati pembuatan E KTP dengan melibatkan pemerintah kecamatan di berbagai wilayah di Kabupaten Cianjur agar tidak terjadi kluster penularan.

“Untuk tingkat kecamatan hanya pelayanan perekaman yang berlangsung sampai jam 12.00 siang. Pertama kita masih PPKM dilarang berkerumun kami khwatir jika ini di satu tempatkan dikhawatirkan ada penularan virus covid 19,”pungkasnya.(byu)