Dorong IPM Lebih Baik, DPD PKS Cianjur Luncurkan Program Berbasis Digital

Masyarakat bersama Ketua DPD PKS Cianjur beserta jajarannya. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pandemi Covid 19 berdampak besar pada keadaan perekonomian sehingga indeks kemiskinan naik di Kabupaten Cianjur

Tak terkecuali IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Kabupaten Cianjur juga tergolong rendah dan kondisi ekonomi menjadi faktor utamanya.

Hal tersebut menginisiasi DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Cianjur meluncurkan program Cianjur Berdaya untuk membantu turunnya Indeks kemiskinan dan bertambah baiknya indeks pembangunan manusia (IPM).

Ketua DPD PKS Kabupaten Cianjur H. Gilar Budi Raharja mengatakan, pihaknya meluncurkan program Cianjur Berdaya sebagai program pemberdayaan ekonomi, sosial dan kepempinan untuk masyarakat yang terdampak Pandemi dan penerapan PPKM.

“Jadi kami lakukan edukasi dan traning (pelatihan : red ), bimbingan bisnis, bantuan permodalan dan fasilitas-fasilitas pemasaran produk masyarakat seperti pertanian dan lain-lain,”katanya.

Gilar menuturkan, program tersebut fokus di empat aspek yakni bidang pemuda berdaya, perempuan berdaya, petani berdaya dan pedagang berdaya.

“Kami buka akses-akses distribusi, sudah disiapkan mentor-mentor yang siap melatih, mentor nya ada juga kami datangkan dari luar Cianjur tentunya yang sudah punya banyak pengalaman,”tuturnya.

Untuk program Cianjur Berdaya masyarakat dapat mendaftar dengan mengunduh aplikasi Cianjur Berdaya di playstore atau dapat mengisi formulir di kantor PKS di tingkat DPD kabupaten dan DPC kecamatan.

“Indeks kemiskinan cianjur sangat menghawatirkan dan Indeks pembangunan Manusia (IPM) masuk terendah di jawa barat. Dengan program ini mudah-mudahan dapat membantu masyarakat,”ungkapnya.

Senada yang disampaikan, warga Desa Cikondang Kecamatan Cibeber Cecep (37) sangat antusias mengikuti program Cianjur Berdaya.

“Program nya bagus manfaatnya kita dapat pelatihan sehingga menambah ilmu sehingga wawasan luas. Saya mempelajari bidang bisnis,”pungkasnya. (byu)