DPMD Cianjur Dorong Desa Kelola Wisata

Kasi Lembaga Bina Ekonomi Dendi Rinaldi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur menilai wisata di wilayah Desa di seluruh wilayah Cianjur berpotensi menghasilkan pendapatan.

Apabila sebuah wisata tersebut di kelola dengan baik melalui management pengelolaan yang transparan.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Cianjur, Dendi Renaldi mengatakan, wisata yang berada di wilayah Desa dapat dikelola sesuai Peraturan Desa (Perdes) yang berlaku.

“Wisata Desa adalah wisata yang seharusnya di kelola oleh pemerintah Desa, masyarakat dan di perdes kan, contohnya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMD),”katanya.

Menurutnya, wisata akan mendorong banyaknya wisatawan dan akan menjadikan pemasukan untuk kas Desa sehingga Desa lebih mandiri.

“Ketika ada potensi pada wisata misalnya perkemahan bagus dan lahannya bisa dikembangkan oleh pemerintah Desa hal tersebut akan mendorong wisatawan untuk berkunjung,”ungkapnya.

Pihaknya saat ini tengah berupaya agar beberapa wisata yang berpotensi di wilayah desa tersebut dapat dikelola oleh Pemerintah Desa.

Dengan memilah dan melakukan pendataan ke masing-masing kecamatan.

“Nanti akan di cek mana yang sudah dikelola desa. Mana yang sudah dikerjasamakan dengan swasta dan lainnya,”paparnya.

Namun DPMD Kabupaten Cianjur hanya dapat melakukan pembinaan dan pendampingan.

“Kami kan hanya lakukan pembinaan dan pendampingan. Kembali lagi kepada Desa tersebut, mau atau tidaknya dalam hal pengelolaan wisata,”pungkasnya (byu).