Kantor Kecamatan Cipanas Bakal Pindah ke Batulawang, Ini Kata Camat

Kantor Kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur yang kini berada di wilayah Desa Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Keberadaan kantor kecamatan Cipanas yang kini masih berlokasi di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas muncul wacana bakal pindah ke lahan Pemkab yang berada di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas.

Hal tersebut menyusul setelah adanya pembicaraan antara Badan Pertanahan Nasional (BPN) Cianjur dengan pemerintah kecamatan yang dihadiri sejumlah unsur termasuk organisasi masyarakat (Ormas) dan beberapa tokoh masyarakat, Senin (23/8/2021) di Aula kantor Camat Cipanas.

Camat Cipanas, Latip Ridwan mengaku bahwa wacana tersebut memang telah ada. Namun untuk sementara, ia belum bisa memastikan rencana tersebut akan terealisasi atau tidak.

“Ini baru usulan dari masyarakat dan unsur-unsur lainnya di kecamatan Cipanas bahwa wacana kepindahan kantor pemerintah kecamatan akan beralih ke wilayah Desa Batulawang. Tapi itupun belum pasti,” ujarnya saat dihubungi, Senin (23/8).

Meski begitu, menurut Latip, rencana tersebut tentunya telah memenuhi aspek-aspek yang menunjang bahwa kantor Kecamatan, dan Koramil bisa pindah ke wilayah Desa Batulawang.

“Jadi ide-ide itu muncul dari masyarakat, alangkah baiknya kalau kantor pelayanan pemerintah Cipanas pindah ke Batulawang. Sebab ada tanah yang diredis di wilayah itu,” katanya.

Tetapi, di sisi lain, dirinya belum bisa memberikan informasi secara pasti berapa luasan tanah yang diwacanakan untuk kantor pemerintah kecamatan Cipanas tersebut.

“Jadi untuk luasan tanah itu kita belum begitu tau karena informasinya tidak muncul pada saat rapat kemarin,” ucapnya.

“Namun yang jelas kami dan Ketua Forum BPD Se-Kecamatan Cipanas, termasuk RT RW, KNPI serta para tokoh dan kepala desa se Cipanas, baru hanya bersifat mengusulkan saja,” ungkapnya.

Ia menegaskan, bahwa posisi Pemerintah Kecamatan Cipanas hanya menjembatani dan memfasilitasi aspirasi-aspirasi daripada masyarakat di Cipanas ini.

“Kami forkompincam hanya menjembatani memfasilitasi kehendak dan mimpi-mimpi masyarakat Cipanas. Untuk jadi atau tidaknya kami belum bisa memastikan. Kita tunggu saja nanti,” tukasnya. (dan)