Mahasiswa Turun ke Desa Karyamukti, Upaya Lestarikan Budaya Asli Cianjur

AKSI NYATA: Asisten Daerah I Pemkab Cianjur, Asep Suparman mengapresiasi mahasiswa yang peduli terhadap budaya lokal. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Mahasiswa Cianjur Sugih Mukti atau Pancaniti Yogyakarta yang merupakan kumpulan mahasiswa asal Kabupaten Cianjur tengah menempuh pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan kegiatan penggalian potensi budaya di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari dari Jumat-Minggu tersebut berupaya dalam pelestarian budaya. Program yang diinisiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud-Dikti).

Ketua Pancaniti Yogyakarta, Dimas Dwi Cahyo mengatakan, kegiatan awal ini akan menjadi agenda setiap bulannya. Hanya saja, kegiatan pelestarian budaya tersebut dilakukan di desa yang sama yakni Karyamukti.

“Karena desa tersebut salah satu yang terpilih dari Balai Pelestarian Nilai Budaya. Terdapat 10 objek yang menjadi bidikan atau target yang salah satunya pengetahuan tradisional,” ujarnya.

Kelanjutannya, hasil dari kegiatan tersebut akan dijadikan ruang diskusi untuk menggali pelestarian budaya di tengah arus teknologi. Bahkan, di empat dusun di desa tersebut masih lestari dan kental akan budayanya.

“Output dari kegiatan tersebut, nantinya akan menjadi workshop dan pengarsipan dokumen pokok kemajuan kebudayaan desa,” paparnya.

Pada kegiatan tersebut turut dibuka dan disambut oleh Asisten Daerah I Pemerintah Kabupaten Cianjur, Asep Suparman beserta budayawan dan perangkat desa setempat. (kim)