Daerah Lain Sudah Terapkan PeduliLindungi, Cianjur Kapan?

RADARCIANJUR.com- Aplikasi PeduliLindungi sudah digunakan di beberapa daerah kota maupun kabupaten di Indonesia. Penggunaan aplikasi tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu cara mengelola mobilitas masyarakat di tengah pandemi.

Akan tetapi, di Kabupaten Cianjur hanya beberapa tempat yang menggunakan aplikasi tersebut untuk mengetahui mobilitas serta kapasitas di satu tempat seperti pusat perbelanjaan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy mengungkapkan, seharusnya memang menggunakan aplikasi tersebut. Namun secara penerapannya belum sepenuhnya.

“Kalau di Kabupaten Cianjur baru beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, kedepannya penggunaan aplikasi PeduliLindungi bisa diterapkan seperti di berbagai tempat umum atau fasilitas umum.

“Diharapkannya seperti itu, kedepannya kemungkinan akan diterapkan,” harapnya.

Seperti diketahui, di Citimal Cianjur penggunaan PeduliLindungi sudah mulai disosialisasikan pihak manejemen pusat perbelanjaan yang berada di Jalan KH Abdullah Bin Nuh. Aplikasi PeduliLindingi telah digunakan sebagai alat screening untuk mengurangi penularan Covid-19 di tempat umum atau pusat keramaian.

Dikutip dari Covid19.go.id, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G Plate memaparkan, pengaplikasian teknologi digital dalam mendukung penerapan protokol kesehatan dan 3T (testing, tracing, treatment) adalah salah satu upaya krusial dalam pengendalian pandemi.

“Dengan itu, masyarakat perlu mulai membiasakan diri dengan teknologi digital dalam kehidupan sehari-harinya, salah satunya adalah pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi,” jelasnya.

“Fungsi utama aplikasi ini adalah perlindungan diri kita sendiri serta orang-orang di sekitar. Karena itu, pemerintah sangat mengharapkan peran aktif masyarakat untuk segera mengunduh dan memanfaatkannya,” sambungnya. (kim)