Skuad Tak Lengkap Tak Apa, Yang Penting Main Lagi

RADARCIANJUR.Com Bali United dan Persik Kediri berangkat ke Jakarta dengan skuad tak lengkap. Setelah menjalani laga pembuka, mereka masih harus menunggu hasil evaluasi: Liga 1 lanjut atau tidak.

Kondisi tak ideal sebenarnya. Tapi, bagi kedua tim, juga 16 kontestan Liga 1 lainnya, yang terpenting adalah kompetisi dimulai lagi. Setelah sejak awal pandemi tahun lalu berhenti berputar.

’’Kami tunggu main setelah lama tidak main. Pasti tim punya semangat waktu liga mulai,” kata Stefano Cugurra, pelatih Bali United, kepada Jawa Pos Radar Bali kemarin (24/8).

Pelatih Persik Joko Susilo juga memilih hanya fokus ke persiapan pertandingan melawan Bali United. ’’Yang kami siapkan sekarang adalah mental dan penerapan taktik untuk menghadapi laga pertama,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Bali United dan Persik akan membuka Liga 1 musim ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat malam lusa (27/8). Hanya akan ada tiga laga pada 27, 28, dan 29 Agustus ini. Setelah itu, menunggu evaluasi apakah liga bisa lanjut atau tidak.

Serdadu Tridatu ke Jakarta tanpa pemain asing barunya yang belum datang sampai kemarin. Identitas si pemain masih dirahasiakan. Tapi, Teco –sapaan akrab Stefano Cugurra– memastikan bahwa pemain pengganti Diego Assis tersebut sudah mendapatkan dua kali vaksin di negaranya. Vaksinasi memang menjadi syarat mutlak bagi klub Liga 1 untuk bisa mendaftarkan pemainnya. ’’Hanya kami tunggu visa untuk boleh berangkat ke Indonesia,” bebernya.

Bali United masih punya tiga pemain asing yang akan dibawa ke Jakarta. Yaitu, Melvin Platje, Brwa Nouri, dan Willian Pacheco. Posisi yang nantinya diisi si pemain asing yang belum datang juga bisa diisi Kadek Agung Widnyana Putra atau Stefano Lilipaly.

’’Kami punya pemain yang ada buat bisa main lawan Persik Kediri atau tim lain. Terpenting Liga 1 bisa mulai lagi,” ungkapnya.

Persik membawa 24 pemain ke Jakarta. Salah satu yang pasti tidak diboyong adalah Dionatan Machado. Gelandang asal Brasil yang akrab disapa Tinga itu mengalami cedera hamstring saat mengikuti latihan tim beberapa waktu yang lalu.

Media Officer Persik Anwar Bahar Basalamah mengungkapkan, Tinga diperkirakan harus menepi sampai satu bulan. ’’Kami harap dia bisa pulih secepatnya,” ucap Basalamah.

Beruntung, tiga pilar asing Persik lainnya berada dalam kondisi bugar dan bisa dibawa ke ibu kota. Mereka adalah Arthur Felix Silva, Youssef Ezzejjari, dan Ibrahim Bahsoun.

Setelah menjalani laga melawan Bali United, rombongan Persik memilih pulang dulu ke Kediri. ’’Kami belum tahu jadwal matchday kedua,” ujarnya.

CEO Bali United Yabes Tanuri juga memilih tidak bicara target dulu. Yang terpenting liga jalan dulu. ’’Hasil maksimal setiap pertandingan dan bisa buat suporter bangga. Itu saja dulu,” katanya.(mg/jpc)