Tiga Jenis Vaksin Ada di Cianjur, Tapi Masyarakat Tidak Bisa Memilih

RADARCIANJUR.com- Vaksinasi menjadi agenda yang saat ini ‘diburu’ oleh masyarakat Kabupaten Cianjur. Tak heran, masyarakat yang berbondong-bondong untuk vaksin pun tak sedikit datang ke pusat kesehatan atau pusat vaksinasi yang dibuka pemerintah daerah maupun institusi seperti TNI-Polri.

Saat ini, di Kabupaten Cianjur tersedia tiga jenis vaksin yakni Sinovac, Astrazeneca dan Moderna. Namun, meski terdapat tiga jenis, masyarakat tidak semerta-merta bisa memilih jenis vaksin tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy menjelaskan, pada dasarnya cara kerja ketiga jenis vaksin sama saja.

“Jika menunggu keinginan jenis vaksin lain agak sulit, karena antrian dan stoknya terbatas, selain itu akan lama,” ujarnya.

Selain itu, ketiga vaksin tersebut sudah bisa digunakan karena lolos kriteria yang ditentukan oleh badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO).

Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah memperkuat antibodi dengan vaksin dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) meskipun sudah divaksin.

“Intinya sama saja, tidak ada bedanya. Mungkin jenisnya saja yang berbeda, namun ketiga jenis tersebut sudah lolos kriteria yang ditentukan oleh WHO,” tutupnya. (kim)