Jenis Vaksin Berlimpah, Penggunaan Vaksin Kabupaten Cianjur Disesuaikan

RADARCIANJUR.com – Beberapa jenis vaksin diantaranya Astrazeneca, Sinopharm, Sinovac, Moderna dan lainya saat ini telah disuntikan kepada masyarakat Kabupaten Cianjur. Melalui kegiatan vaksinisasi baik yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) maupun pihak lainnya.

Masing-masing vaksin baik untuk di suntikan demi menambah kekebalan tubuh dari Covid 19, disisi lainya vaksin memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Percepatan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr. Yusman Faisal mengatakan, masing-masing vaksin memang memiliki kelebihan dan kekurangan.

“Jadi masing-masing vaksin itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi tergantung nanti sasaran masyarakat mana yang akan kami vaksin,”katanya.

Yusman menjelaskan masyarakat umum yang cenderung mempunyai penyakit penyerta disarankan untuk disuntikan vaksin Astrazeneca.

“Masyarakat yang memiliki komorbit (penyakit penyerta:red) lebih bagus menggunakan vaksin Astrazeneca,”tuturnya.

Namun untuk usia remaja Yusman menyarankan untuk penggunaan vaksin Sinovac, sedangkan untuk Moderna diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (Nakes).

“Tetapi kalau untuk remaja kita condong ke Sinovac karena sudah uji klinis. Kalau untuk tenaga kesehatan kita condong ke moderna. Jadi masing-masing punya keunggulan dan kelemahan,”jelasnya.

Lanjut Yusman, vaksin Astrazeneca dan Moderna memiliki keunggulan di negara lain dan dapat menjadi syarat untuk berpergian ke luar negeri.

“Moderna sudah pasti semua diakui terutama di negara Eropa itu pakainya moderna. Jadi memang salah satunya juga ketertarikan masyarakat untuk vaksinasi Astrazeneca adalah memiliki sertifikat yang bisa digunakan untuk bepergian,”pungkasnya (byu)