WBP Lapas Cianjur Antusias Terima Vaksin Dosis Kedua

SCREENING: Sebelum menerima vaksin dosis kedua, warga binaan pemasyarakatan (WBP) diperiksa terlebih dahulu kesehatannya. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Pelaksanaan vaksinasi kedua diberlangsungkan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur yang bekerjasama dengan Kodim 0608/ Cianjur dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melalui Puskesmas Cianjur Kota. Dari jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) sekitar 700 orang, ternyata tidak seluruhnya dapat mengikuti vaksinasi dikarenakan satu dan lain hal seperti tidak lolosnya tes kesehatan.

Rata-rata, WBP yang tidak lolos vaksinasi berusia di atas 60 tahun. Selain itu, beberapa diantaranya melakukan vaksinasi pertama. Pasalnya, pada vaksinasi pertama yang telah dilaksanakan tidak diikuti karena kondisi kesehatan.

Kalapas Kelas II B Cianjur, Heri Aris Susila mengatakan, pihaknya menargetkan semua WBP mendapatkan vaksin. Namun dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan atau kesehatan WBP sehingga tidak seluruhnya.

“Target kita semua WBP sebanyak 700 orang bisa mendapatkan vaksin. Tapi memang beberapa ada yang sakit dan umur di atas 60 tahun jadi gak bisa ikut vaksin,” ujarnya.

Lanjutnya, vansik yang digunakan yakni berjenis sinovac. Selain kepada WBP, vaksin turut diberikan kepada petugas Lapas Cianjur beserta keluarga yang belum mendapatkan suntikan vaksinasi.

“Dosis pertama kemarin sudah diberikan dan sekarang dosis kedua. Sebetulnya ada juga WBP sekarang mendapatkan dosis pertama yang kemari tidak sempat divaksin,” paparnya.

Heri menambahkan, kesadaran WBP tehadap pentingnua vaksinasi sudah cukup tinggi, terlihat dari antusias WBP yang cukup bersemangat saat proses vaksinasi.

“Karena ini program pemerintah. Para WBP juga sudah mulai sadar terhadap pentingnya divaksin,” jelasnya.

Salah satu WBP Lapas Cianjur, Rodi Gumilar (36) mengungkapkan, hari ini dirinya baru mendapatkan vaksin dosis pertama, dikarenakan sebelumnya ia mengeluhkan tengah kurang sehat.

“Sekarang sayang vaksin dosis pertama, karena kemarin sakit jadi tidak bisa ikut vaksin,” singkatnya.

Dirinya pun berterimakasih kepada Lapas Cianjur yang sudah memperhatikan WBP yang tengah menjalani hukuman di balik jeruji besi. Sehingga, momentum tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin. (kim)