Demi menarik Investor, Pemkab Cianjur Akan Bangun 10 Desa Wisata

Bupati Cianjur Herman Suherman. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menargetkan puluhan desa menjadi destinasi wisata baru yang akan mendapat berbagai bantuan dari pemerintah.

Hal tersebut sebagai langkah dalam pemulihan ekonomi setelah pandemi dan membuka peluang investasi bagi para investor luar.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan saat ini terdapat 10 desa wisata dengan berbagai objek mulai air terjun hingga kebun bunga yang sudah mendapat pembinaan dinas terkait.

“Dinas melakukan pelatihan dan pembinaan secara rutin pada pengelola desa wisata yang sebagian besar diserahkan pada aparat desa dan karang taruna. Termasuk, penataan perkampungan yang dapat menjadi daya tarik wisatawan,”katanya.

Herman menuturkan, keberadaan desa wisata di Kabupaten Cianjur setelah pandemi akan lebih dikembangkan.

“Termasuk menyediakan home stay serta seni budaya penunjang, agar wisatawan betah menghabiskan waktu liburnya di Cianjur, sekaligus menggencarkan promosi yang sudah dirancang bersama dinas terkait,”ungkapnya.

Lanjut Herman, saat ini sejumlah investor mulai tertarik untuk menanamkan investasinya di bidang pariwisata di wilayah Cianjur selatan.

“Dalam waktu dekat akan dibangun destinasi wisata baru bernuansa alam di Kecamatan Naringgul. Di sana juga sudah ada wisata pantainya”tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Cianjur Pratama Nugraha menjelaskan, Pemkab Cianjur telah berkoordinasi dengan pemprov untuk membangun ruas jalan baru dari Kabupaten Bandung hingga pantai selatan Cianjur, sehingga wisatawan dari wilayah Bandung dapat sampai ke pantai selatan hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan.

“Nanti akan dibangun beberapa destinasi wisata dan infrastruktur jalan baru meliputi Desa Balaigede, Kecamatan Naringgul serta Desa Cidamar dan Batukumbul Kecamatan Cidaun,”bebernya.

Ia berharap, di tahun 2021 jalan yang dibangun Pemprov Jabar dapat selesai.

“Harapannya pembangunan infrastruktur dapat terwujud tahun ini, sehingga pemulihan ekonomi akan cepat berjalan,”pungkasnya.(byu).