Pelaku Wisata Pasrah Jika Penerapan PPKM di Cianjur Diperketat

Pintu masuk utama ke tempat eduwisata Kebun Raya Cibodas terpantau masih sepi pengunjung di awal bukanya kembali sejak PPKM. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Nasib pelaku wisata di saat penerapan perpanjangan PPKM di kabupaten Cianjur kini bisa dikatakan pasrah.

Pasalnya, sebagian pengelola objek wisata, salah satunya di wilayah Kecamatan Cipanas Cianjur, telah kembali menjalankan aktivitas seperti biasa setelah ditutupnya pada Juli lalu.

“Gimana lagi ya mas, kalau masalah pandemi Covid-19 ini kan bukan masalah lokal, tetapi sudah nasional bahkan dunia. Makanya kami pasti mengikuti lah apa ketentuan pemerintah dalam menanggulangi serta menangani pandemi Covid-19 ini,” ujar General Manager Kebun Raya Cibodas Marga Anggrianto, saat ditemui Rabu (25/8).

Meski begitu, sebagai pelaku usaha, pihaknya sedikit menyayangkan apabila Kabupaten Cianjur khususnya, naik menjadi level 4 dan terjadi pengetatan. Namun di sisi lain, ia sangat berharap tetap diberi kelonggaran dengan syarat yang berlaku.

“Harapan kami meski Cianjur menjadi level 4, pelaku usaha tetap diberikan kelonggaran oleh pemerintah. Bahkan jika ini tetap diperbolehkan, kami akan siap dengan syarat dan penyesuaian yang diberikan oleh pemerintah,” kata dia.

Sebagai pelaku wisata, pihaknya pun menyadari, keberlangsungan usaha ini tentunya tidak bisa berjalan sendiri-sendiri atau bertentangan dengan pemerintah, pasti harus mendukung pemerintah.

“Ya tentunya kita harus saling bersinergi dan menghargai. Apabila ada penyesuaian atau syarat yang diterapkan, harapan kami jelas ingin tetap ada pelonggaran meski dengan penyesuaian aturan yang berlaku,” tandasnya. (dan)