Pemdes Cipanas Masuk Tiga Besar Desa Terbaik Tingkat Provinsi

Kepala desa Cipanas beserta jajaran berfoto bersama di depan kantor desa. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, resmi maju sebagai salah satu kandidat desa terbaik dalam lomba desa tingkat Provinsi Jawa barat tahun 2021.

Salah satu desa yang berada di pusat kota Cipanas, Kabupaten Cianjur itu masuk nominasi tiga besar terbaik tingkat provinsi setelah sebelumnya menjadi juara pertama tingkat kabupaten Cianjur di tahun ini.

Kepala Desa Cipanas, H. Agus Sahputra mengatakan, keberhasilan pemerintah desa (Pemdes) Cipanas hingga masuk nominasi tiga besar desa terbaik se-provinsi ini tak lain adalah atas dukungan serta keinginan kuat masyarakatnya sendiri dalam mendorong pemerintah untuk menuju ke arah yang lebih baik.

“Kami sangat bersyukur atas apa yang telah diraih pemerintah desa saat ini. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan kita semua di desa Cipanas dan Kabupaten Cianjur bisa terwujud,” ujar Agus.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dalam perjalanannya, tahapan demi tahapan untuk bisa masuk tiga besar pun tentu harus dilaksanakan bersama-sama dengan maksimal. Meskipun dalam proses, beberapa hal pasti ada yang harus dibenahi.

“Pada saat itu mulainya lomba desa di awal Mei. Dari tahapan administrasi, pemaparan sampai penentuan, selama satu bulan kami jalani. Hingga akhirnya Alhamdulillah bisa menjadi juara 1 tingkat kabupaten waktu itu. Kemudian lanjut ke tingkat provinsi, dan Alhamdulillah juga hingga adanya kunker dari perwakilan Kemendagri, kita sudah masuk tiga besar,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, tak ada persiapan khusus untuk melaksanakan lomba desa tersebut. Bahkan semua berkas-berkas yang mesti sesuai, baik itu Permendagri, Permendes, Pergub serta Perbup sudah dipersiapkan. Sehingga ketika ada lomba ke tingkat provinsi pun tidak ada kesulitan yang berarti.

“Sebetulnya dari awal kami dari Pemdes tentu memiliki rasa optimis. Mudah-mudahan dengan tekad dan semangat kita semua bersama masyarakat, Desa Cipanas bisa menjadi juara lomba dan juara di hati warganya,” kata Agus. (dan)