Target Vaksinasi Ibu Hamil Masih Jauh, Remaja Mulai Merangkak

RADARCIANJUR.com- Capaian vaksi di Kabupaten Cianjur ternyata masih belum terkejar. Pasalnya, beberapa sektor masih didorong agar bisa tercapai target kekebalan tubuh. Seperti vaksinasi yang dilakukan kepada usia remaja yang saat ini pada dosis pertama baru mencapai 3.140 orang dan dosis kedua 1.576. Sementara untuk ibu hamil masih jauh di bawah vaksinasi remaja, pada dosis pertama baru 81 orang dan dosis kedua belum ada satu pun melakukan vaksinasi.

Dari data yang terhimpun, target vaksinasi remaja berjumlah 80.023, sementara ibu hamil yang masuk dalam kategori masyarakat rentan dan umum ditargetkan 168.914 orang. Angka tersebut masih jauh dengan vaksinasi yang dilakukan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy mengatakan, untuk ibu hamil sudah diperbolehkan dan sudah menjadi program. Akan tetapi, di kalangan masyarakat belum sepenuhnya gencar.

“Sudah gencar dan berjalan sosialisasi, tapi di masyarakat belum sepenuhnya berjalan,” ujarnya.

Sementara untuk remaja, meski sebelumnya tidak terlalu banyak atau tidak terlalu antusias, saat ini perlahan vaksinasi terhadap remaja sudah mulai bertambah.

Pihaknya pun tak kurang-kurang terus mendorong dan melakukan sosialisasi di lapangan agar target vaksinasi di Kabupaten Cianjur tercapai, meskipun stok vaksin terkadang sedikit mengalami kesulitan dan hambatan.

“Kita terus upayakan ya untuk target vaksinasi di Kabupaten Cianjur, sehingga bisa cepat tercapai juga kekebalan tubuh atau herd immunity,” tutupnya. (kim)